Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Sake Dean Mahomet (Memperkenalkan Shampo ke Barat)



Siapakah Yang memperkenalkan pertamakali sampo ke dunia Barat? Dialah seorang Muslim dari Benggali (India) bernama Sake Dean Mahomed yang membawa sampo ke daratan Eropa pada tahun 1759.

Dia kemudian memperkenalkan sampo di Inggris dengan membuka“Mahomed`s Indian Vapor Baths” atau “Pemandian wangi gaya India milik Mahomet” di kawasan pelabuhan Brighton. Pemandian ini lebih mirip dengan pemandian gaya Turki atau Turkish Baths dimana ia juga menawarkan pijat terapi kulit kepala atau champi (mengeramas).

Mahomet bahkan kemudian di tunjuk sebagai seorang ahli bedah khusus menyampo bagi raja George IV dan William IV. sejak saat itu para penata rambut di Inggris kemudian mulai membuat sampo dengan cara merebuh sabun batangan dengan air matang yang di bubuhi dengan rempah-rempah untuk membuat rembut berkilaudan wangi.

kedua penemu ini telah mengaplikasikan ajaran Rasullah SAW yaitu:
"kebersihan itu adalah sebagian dari pada iman"
Kedalam sebuah penemuan yang sangat berguna dalam kehidupan untuk kebersihan dan kesehatan tubuh. Karena dengan sabun dan sampo membuat tubuh kita menjadi lebih bersih , sehat dan wangi.


Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Posting Komentar untuk "Biografi Sake Dean Mahomet (Memperkenalkan Shampo ke Barat)"