Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENYEMBUNYIKAN SHEET EXEL SEBAGIAN ATAU SECARA KESELURUHAN




Saat kita mengetik  suatu data yang sangat banyak pada Microsoft exel kita sering menggunakan banyak sheet dalam pengerjaannya. Sheet pada exel sangat membantu kita untuk memilah data yang akan kita ketik sehingga mudah untuk mengetahui posisi suatu data yang telah kita input dalam beberapa sheet.

Tetapi tahukah anda bahwa sheet didalam sebuah exel dapat kita sembunyikan sesuai keinginan kita artinya jika sheet exel yang kita gunakan sebanyak 3 sheet maka kita dapat menyembunyikannya 2 sheet saja dan menyisakan 1 sheet saja,atau jika anda ingin menyembunyikan seluruh sheet pada exel tersebut juga dapat anda lakukan.
Seseorang yang sudah mahir dalam menggunakan exel biasanya sering membuat suatu aplikasi dalam bentuk exel dimana pada sheet pertama di jadikan sebagai sheet “menu” artinya sheet tersebut dijadikan sebagai tampilan yang dapat di gunakan untuk membuka sheet-sheet lainnya yang di sembunyikan dengan cara membuat hyperlink pada setiap menu dan di hubungkan ke sheet-sheet yang lainnya.

Untuk mengetahui cara menyembunyikan beberapa sheet atau menyembunyikan seluruh sheet pada exel silahkan simak penjelasan berikut:

Cara menyembunyikan salah satu atau beberapa sheet

Pilih sheet yang ingin di sembunyikan, contohnya saya akan menyembunyikan sheet 2 maka klik kanan pada sheet 2 kemudian pilih “hide” maka secara otomatis sheet 2 tidak akan lagi muncul atau terlihat.

Namun jika anda ingin menyembunyikan seluruh sheet maka cara di atas tidak dapat anda gunakan, melainkan dapat di gunakan dengan cara di bawah ini:

Cara menyembunyikan seluruh sheet

Pilih salah satu sheet yang ada, kemudian pilih logo “Office button” dan klik “exel option” seperti pada gambar di bawah

Setelah itu pilih menu “Advanced” dan pada menu “display” hilangkan tanda centang pada

tulisan “ show sheet tabs” dan klik Ok.



Jika cara diatas dilakukan dengan benar maka tampilan exel akan seperti pada gambar di bawah ini dimana seluruh sheet kini telah menghilang alias di sembunyikan.

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat buat anda,jangan lupa kunjungi postingan-postingan lainnya yang ada di dalam blog ini. Terimakasih


Sumber http://kherysuryawan.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "CARA MENYEMBUNYIKAN SHEET EXEL SEBAGIAN ATAU SECARA KESELURUHAN"