Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabar Gembira untuk Honorer! Pemerintah Siapkan Opsi untuk Honorer yang Tak Lulus Tes CPNS 2018




Salam semangat buat Honorer di seluh Indonesia, ada kabar gembira buat rekan-rekan semuanya bahwasanya Pemerintah siapkan opsi untuk honorer yang tak lulus tes CPNS 2018. Silahkan disimak informasi berikut ini. 
Salam semangat buat Honorer di seluh Indonesia Kabar Gembira untuk Honorer! Pemerintah Siapkan Opsi untuk Honorer yang Tak Lulus Tes CPNS 2018
Sumber Gambar. tempo.co


Sumber: kompas.com
Senin (4/6/2018), DPR dan Pemerintah menggelar rapat gabungan terkait tenaga Honorer K-2. Rapat tersebut menyoroti banyaknya tenaga honorer K-2 yang tidak lolos seleksi CPNS (Calon Pegawani Negeri Sipil). Data Kemenpan RB menyebutkan, pada 2013 terdapat 438.590 orang tenaga honorer yang tidak lulus seleksi CPNS. Dari jumlah tersebut, yang terbanyak adalah tenaga honorer administrasi. Anggota Komisi I DPR Syarifudin Hasan menyoroti nasib tenaga honorer yang tidak lolos seleksi CPNS. Menurut beliau, harus ada kebijakan untuk mengakomodasi nasib honorer. 

Harus ada kebijakan politik untuk 438.000 tenaga honorer yang belum terakomodasi, "ujar Syarifudin. Sebab menurut beliau, tenaga honorer tersebut sudah memberikan kontribusi kepada negara. Oleh karena itu, nasib honorer pun harus dipertimbangkan. 

Terkait hal ini, Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB Setiawan Wangsaatmadja mengungkapkan, pemerintah secara internal bakal membahas hal tersebut. Pembahasan akan fokus pada solusi bagi tenaga Honorer K-2 yang tak lulus seleksi CPNS. "Karena pada kenyataannya, kalau berdasarkan PP Nomor 56 Tahun 2012 sebetulnya itulah tenaga honorer K-2 harus di tes satu kali dan pemerintah sudah melakukan, " Ujar Setiawan. 

Pada 2013, sebanyak 209.000 orang tenaga honorer yang lulus seleksi CPNS. Total tenaga honorer yang menjadi peserta seleksi saat itu adalah 648.000 orang. Pemerintah, kata Setiawan, memilki opsi bagi mereka yang tak lulus tes CPNS. Opsi pertama, bagi mereka yang masih memenuhi syarat untuk mendaftar seleksi CPNS, dipersilahkan kembali ikut seleksi. "Kedua, bagi mereka yang sudah tidak memenuhi syarat untuk daftar sebagai PNS, tapi  masih memenuhi syarat sebagai PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), silahkan ikut seleksi," Ungkap Setiawan. Meskipun demikian, ia mengaku pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah, yakni memvalidasi ulang terhadap data yang ada. Sebab yang ada saat ini adalah data lima tahun lalu. "Apakah data-data tersebut masih ada keberadaanya, karena ini kan sudah ada yang beralih profesi, bahkan meninggal dan sebagainya," tutur Setiawan. Pemerintah dan DPR akan kembali melakukan rapat gabungan mengenai tenaga honorer pada akhir Juli 2018. 


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan bersumberkan dari kompas.com. Semoga bagi kita (reka-rekan) yang akan ikut tes CPNS tahun hasilnya sangat memuaskan... Aamiin, Good Luck buat kita semuanya.  




Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Kabar Gembira untuk Honorer! Pemerintah Siapkan Opsi untuk Honorer yang Tak Lulus Tes CPNS 2018"