Kelompok Vitamin A, D, E dan K



Vitamin adalah satu bagian penting dalam kehidupan manusia karena merupakan senyawa kimia organik yang diperlukan dalam jumlah kecil namun harus ada dalam makanan. Vitamin itu berperan dalam reaksi metabolsime sel, melangsungkan pertumbuhan normal dan memelihara kesehatan. Ada dua jenis vitamin yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E dan K). Kali ini kita akan bahas tentang vitamin yang larut dalam lemak.

1. Vitamin A
Vitamin A berperan dalam proses melihat, yaitu proses fotokimia pada retina, pembentukan jaringan epitel pada mata serta pertumbuhan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, gangguan pertumbuhan epitel pada mata yang menyebabkan kebutaan dan perkembangan tulang dan gigi yang tidak normal.

Sumber makanan yang mengandung vitamin A dari hewan seperti minyak ikan, hati, mentega, keju, susu dan dari tumbuhan seperti sayuran dan buah-buahan yang berwarna hijau dan kuning seperti bayam, paprika, kangkung, brokoli, wortel, labu, jeruk lemon dan belimbing.

Jika tubuh kelebihan vitamin A maka akan menyebab keracunan seperti kulit kering, bercak-bercak, rambut rontok, sakit tulang dan persendian, sakit kepala dan pembesaran hati. 
Vitamin adalah satu bagian penting dalam kehidupan manusia karena merupakan senyawa kimia  Kelompok Vitamin A, D, E dan K
Buah dan sayuran kaya vitamin A
2. Vitamin D
Vitamin D berperan dalam mengatur penyerapan kalsium dan fosfor dari saluran pencernaan makanan serta mengatur penumpukan kalsium tulang dan gigi. Sumber vitamin D ada pada minyak ikan, susu dan senyawa di bawah lapisan epidermis yang akan diubah menjadi vitamin D oleh sinar ultraviolet dari sinar matahari. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan rachitis pada anak-anak, sejenis pelunakan tulang, pembesaran sendi, deformasi tulang dada dan pelvis, serta terlambatnya pertumbuhan gigi.

3. Vitamin E
Vitamin E berperan sebagai antioksidan dan mejaga kesuburan. Sumber vitamin ini adalah minyak tumbuhan, sayuran hijau dan kacang-kacangan. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan hemolisis sel-sel darah merah, anemia dan kemandulan.

4. Vitamin K
Vitamin K berperan dalam pembentukkan protrombin dan protein-protein pembekuan darah lainnya. Sumber vitamin K ada pada bayam, kubis dan sayuran lainnya serta hati. Kekurangan vitamin K menyebabkan darah sulit membeku saat perdarahan atau luka.

Gambar: disini

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar