Martin Heinrich Klaproth - Penemu Uranium, Zirkonium, dan Serium

 adalah seorang ahli kimia Jerman yang menemukan uranium  Martin Heinrich Klaproth - Penemu Uranium, Zirkonium, dan Serium
Martin Heinrich Klaproth (1 Desember 1743 - 1 Januari 1817) adalah seorang ahli kimia Jerman yang menemukan uranium (1789), zirkonium (1789), dan serium (1803).

Klaproth lahir di Wernigerode. Sebagian besar hidupnya ia menjalankan profesi sebagai seorang apoteker. Setelah bertindak sebagai asisten di apotek di Quedlinburg, Hanover, Berlin dan Danzig berturut-turut ia datang ke Berlin pada saat kematian Valentin Rose the Elder pada tahun 1771 sebagai manajer bisnisnya, dan pada tahun 1780 ia memulai sebuah pendirian atas namanya sendiri di kota yang sama.

Dari tahun 1782 dia menjadi penilai farmasi Medumum Ober-Collegium. Pada tahun 1787 ia diangkat menjadi dosen kimia ke Artileri Kerajaan Prusia, dan ketika universitas tersebut didirikan pada tahun 1810, ia dipilih untuk menjadi profesor kimia. Dia meninggal di Berlin pada Hari Tahun Baru di tahun 1817.

Klaproth adalah ahli kimia Jerman terkemuka di masanya. Seorang pekerja yang tepat dan teliti, dia melakukan banyak hal untuk memperbaiki dan mensistematisasikan proses kimia analitik dan mineralogi, dan apresiasi terhadap nilai metode kuantitatif membawanya menjadi salah satu penganut doktrin Lavoisierian paling awal di luar Prancis.

Klaproth menemukan unsur titanium di bijih rutil pada tahun 1791, percaya bahwa ini adalah penemuan baru, bagaimanapun, William Gregor dikreditkan dengan penemuan titanium, setelah menemukan logam itu dalam bijih yang berbeda, ( ilmenit ), sebelum Klaproth, meskipun dalam Tahun yang sama Dia adalah orang pertama yang menemukan uranium saat mempelajari mineral pitchblende.

Selain itu, ia menemukan zirkonium , dan mencirikan uranium dan zirkonium sebagai unsur yang berbeda, meskipun ia tidak memperoleh satupun dari logam murni tersebut; Dan dia menjelaskan komposisi berbagai zat sampai kemudian diketahui secara tidak sempurna, termasuk senyawa unsur yang baru dikenali: tellurium , strontium , serium dan kromium.

(Baca juga: "Penemu Kromium & Berilium - Louis Nicolas Vauquelin")

Makalahnya, lebih dari 200 jumlahnya, dikumpulkan oleh dirinya sendiri di Beiträge zur chemischen Kenntnis der Mineralkörper (5 jilid, 1795-1810) dan Chemische Abhandlungen gemischten Inhalts (1815). Dia juga menerbitkan Chemisches Wörterbuch (1807-1810), dan mengedit edisi revisi FAC Gren 's Handbuch der Chemie (1806).

Klaproth terpilih sebagai Anggota Perhimpunan Royal pada tahun 1795 dan anggota asing Royal Swedish Academy of Sciences pada tahun 1804. (Sumber)
Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Posting Komentar