Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi MOS/MPLS Lengkap Untuk SMP SMA SMK 2019/2020



Materi MOS/MPLS 2019/2020 dapat dipergunakan sebagai penunjang untuk mengisi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Seperti yang kita ketahui bahwa MOS dilaksanakan dalam rangka penerimaan peserta didik baru oleh satuan pendidikan tingkat SD SMP SMA dan SMK dalam hal ini yang menjadi objeknya adalah calon siswa baru.
 dapat dipergunakan sebagai penunjang untuk mengisi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah Materi MOS/MPLS Lengkap Untuk SMP SMA SMK 2019/2020
Materi MOS 2019
Tujuan dari diadakannya MOS yaitu membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi sikap positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya. Berikut ini beberapa pembahasan singkat materi MOS/MPLS 2019 yang bersifat edukatif :
  1. Pendidikan Karakter, materi ini membahas tentang cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Dengan pendidikan karakter yang di implementasikan secara terencana dan berkelanjutan hal ini dapat menjadikan seorang anak akan menjadi cerdas emosinya.
  2. Cara Belajar Efektif, materi ini membahas proses belajar mengajar yang berhasil guna, dan proses pembelajaran itu mampu memberikan pemahaman, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu / kualitas yang lebih baik serta dapat memberikan perubahan perilaku dan dapat diaplikasikan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga hasil dari pembelajaran itu akan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. Dan untuk mencapai belajar yang efektif tentu saja dalam proses belajarnya harus dilakukan dengan baik dan benar.
  3. Pengenenalan K13, materi ini membahas struktur kurikulum 2013 dan pelajaran-pelajaran yang termuat dalam kurikulum disesuaikan dengan jenjang sekolah masing-masing, misalnya di SMA yang menerapkan K13 ada mata pelajaran peminatan, sehingga siswa dapat memilih berdasarkan dengan kemampuannya.
Materi MOS/MPLS SMP SMA SMK 2019/2020 yang lebih lengkap bisa Anda download dibawah ini.
Dengan adanya materi yang disampaikan kepada calon siswa baru bisa menambah ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter siswa, dan memiliki budi pekerti yang baik. Pesan saya untuk adik-adik OSIS yang bertugas sebagai panitia MOS jangan melakukan tindak kekerasan kepada peserta, karena MOS ini sudah diatur dalam peraturan menteri dan apa bila terjadi tindak kekerasan akan diberi sanksi sesuai dengan peraturan yng berlaku.

Berikut ini contoh contoh aktivitas yang dilarang dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah.
  1. Memberikan tugas kepada siswa baru yang wajib membawa suatu produk dengan merk tertentu.
  2. Menghitung sesuatu yang tidak bermanfaat (menghitung nasi, gula, semut, dsb).
  3. Memakan dan meminum makanan dan minuman sisa yang bukan milik masing-masing siswa baru.
Demikian tadi paparan mengenai materi MOS/MPLS 2019/2020. Semoga bermanfaat


Sumber https://www.pelitaguru.id/

Posting Komentar untuk "Materi MOS/MPLS Lengkap Untuk SMP SMA SMK 2019/2020"