Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat Peta Sebaran Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia

Minyak bumi merupakan bahan galian paling strategis dan bernilai saat ini. Tanpa minyak tidak akan ada kendaraan beroperasi di jalanan dan kegiatan lain akan mati. Lalu darimana minyak itu didapat?. Minyak bumi berasal dari ladang sumur minyak yang tersebar di berbagai belahan bumi. Akan tetapi banyak kejadian dimana tumpahan minyak terjadi karena berbagai faktor. Jenis tumpahan minyak dikalsifikasikan ke dalam 3 kategori yaitu : 1) Hasil Perang, 2) Sumur Galian Tak Terkendali, 3) Kecelakaan Tanker.
Tumpahan minyak akibat kecelakaan kapal tanker melebihi 1 juta barel. Sementara tumpahan akibat kegagalan sumur minyak di darat tidak begitu signifikan. Berikut ini sebaran tumpahan minyak di dunia.
Minyak bumi merupakan bahan galian paling strategis dan bernilai saat ini Melihat Peta Sebaran Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia
Peta Tumpahan Minyak Dunia, pic: http://geology.com/
Tumpahan Perang Teluk Minyak (1991 - Kuwait)

Selama Perang Teluk, pasukan Irak menginvasi Kuwait. Saat mereka sedang diusir oleh pasukan koalisi mereka membuka katup pipa di Terminal Minyak Sea Island, menumpahkan minyak ke tanah. Mereka juga menumpahkan kargo dari kapal tanker ke Teluk Persia. Selama gencatan senjata, mereka mengatur banyak kebakaran di sumur dan terminal pipa. Tidak mungkin untuk menentukan volume total minyak yang tumpah tapi total bisa sekitar 11.000.000 barel.

Lakeview Gusher (1910-1911 - California, USA)

The Lakeview Gusher adalah sumur minyak yang tumpah dan diperkirakan memuntahkan  9.000.000 barel minyak di Kern County, California. Sumur minyak mentransfer lebih cepat minyak dianding proses pengiriman ke tangki penyimpanan. Sumur bertekanan meletus seperti geiser, menumpahkan minyak ke tanah selama lebih dari satu tahun sampai dibiarkan secara alami mengering.

Deepwater Horizon (2010 - Teluk Meksiko)

Deepwater Horizon tumpahan minyak di Teluk Meksiko. Ini dimulai pada tanggal 20 April, 2010 ketika sebuah ledakan menghancurkan Kilang Deepwater Horizon  pengeboran, menyebabkan aliran  minyak di dekat kepala Teluk Meksiko seluas 5.000 kaki. Berbagai upaya untuk menghentikan kebocoran dalam lingkungan sulit namun sebagian berhasil. Kilang akhirnya ditutup pada tanggal 15 Juli 2010. Jumlah minyak yang hilang tidak diketahui karena perkiraan akurat tidak dapat dibuat dari pengamatan video dasar laut. Perkiraan dari ahli yang ditunjuk pemerintah adalah 4,9 juta barel.

Ixtoc (1979 - Teluk Meksiko)

Ixtoc adalah sumur eksplorasi yang dibor oleh Pemex, perusahaan minyak milik pemerintah Meksiko, di Teluk Campeche, Teluk Meksiko. Letaknya sekitar 60 mil laut dari Ciudad del Carmen dengan kedalaman 160 kaki. Tumpahan dipicu ketika kilang pengeboran kehilangan sirkulasi lumpur dan pengurangan tekanan pada reservoir memicu ledakan. Minyak terbakar dan kilang runtuh ke laut. Diperkirakan minyak tumpah berjumlah 3,3 juta barel.

Atlantic Empress (1979 - Hindia Barat)

Atlantik Empress adalah kapal tanker minyak Yunani yang bertabrakan dengan kapal lain di lepas pantai Trinidad dan Tobago pada 19 Juli 1979. Sekitar 2.123.800 barel minyak tumpah.

Mingbulak (1992 - Uzbekistan)

Tumpahan minyak Mingbulak terjadi pada tanggal 2 Maret 1992 di lapangan minyak Mingbulak di Lembah Fergana Uzbekistan. Tumpahan itu disebabkan oleh kebakaran yang menyebabkan ledakan selama 2 bulan. Terdapat  2.110.000 barel minyak yang tumpah saat itu.

ABT Summer (1991 - Samudera Atlantik)

ABT Summer adalah tanker yang rusak parah akibat ledakan pada 28 Mei 1991 di lepas pantai Angola. Tanker tersebut membawa kargo yang isinya sekitar 1.920.000 barel minyak mentah. Tanker tenggelam di Atlantik.

Castillio de Bellver (1983 - Samudera Atlantik)

The Castillio de Bellver rusak parah akibat kebakaran pada 6 Agustus 1983 di lepas pantai Afrika Selatan dengan membawa  sekitar 1.870.000 barel minyak di kapal. Kapal tanker kandas dan patah dua bagian dan tenggelam di Atlantik.

Amoco Cadiz (1978 - Samudera Atlantik)

The Amoco Cadiz adalah kapal besar pembawa minyak mentah yang terjebak badai ekstrim dan kandas di pantai Brittany, Perancis pada tanggal 16 Maret 1978. Kapal memiliki sekitar 1.600.000 barel minyak di dalamnya. Kapal pecah dan patah dalam beberapa hari dan  menumpahkan sebagian besar minyak.

MT Haven (1991 - Mediterania)

MT Haven adalah kapal pembawa minyak mentah yang sangat besar yang terbakar dan tenggelam di Laut Mediterania lepas pantai Italia pada 11 April, 1991. Kapal ini membawa 1.140.000 barel minyak mentah.

Odyssey (1988 - Mediterania)

Mereka Odyssey adalah kapal tanker minyak yang tenggelam di lepas pantai Nova Scotia, Kanada pada tanggal 10 November 1988. Kapal terjebak dalam badai Atlantik Utara dan rusak oleh ledakan. Kapal 977.000 barel minyak mentah saat itu.

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Melihat Peta Sebaran Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia"