Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Peran

Pengertian Peran - Mungkin ada yang pernah mendapat pertanyaan apa itu peran? Tahukah kamu apa peran itu? Beberapa di anara kamu mungkin ada yang bisa menjawab apa yang dimaksud peran dan bisa menjelasakan definisi peran dengan baik. Namun tak jarang juga ada yang masih bingung menjelaskan arti peran. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan jawaban dari pertanyaan apakah peran itu. Oke langsung saja silahkan simak penjelasan yang akan kami berikan tentang apa yang dimaksud dengan peran berikut ini.
 Mungkin ada yang pernah mendapat pertanyaan apa itu peran Pengertian Peran

Pengertian Peran

Peran adalah sebuah aspek dinamis dari status atau kedudukan. Jika seseorang telah melaksanakan hak serta kewajibannya itu berarti seseorang tersebut telah menjalankan sebuah peran. Terkadang kita selau menuliskan kata peran namun kadang sulit untuk mengartikan atau mendefinisikan peran tersebut. Peran juga biasa disandingkan dengan fungsi. Antara peran dengan status keduanya tidak bisa dipisahkan. Tiada peran tanpa adanya status atau kedudukan, begitu juga tidak akan ada status tanpa adanya peran. Setiap orang mempunyai berbagai macam peran yang dijalankan di dalam pergaulan hidupnya dalam masyarakat. Sebuah peran bisa menentukan apa yang diperbuat seseorang untuk masyarakat. Selain itu peran juga bisa menentukan kesempatan-kesempatan yang diberikan oleh masyarakat kepa dirinya. Peran di atur oleh adanya norma-norma yang berlaku.

Sebuah peran itu menunjukkan pada fungsi penyesuaian diri, dan sebagai suatu proses. Peran yang dimiliki oleh seseorang melingkupi 3 macam hal yaitu:
  • Peran meliputi norma-norma yang dikaitkan dengan posisi seseorang di dalam masyarakat. Jadi, sebuah peran di sini dapat diartikan sebagai peraturan yang bisa membimbing seseorang dalam masyarakat.
  • Peran merupakan sebuah perilaku seseorang yang penting untuk struktur sosial masyarakat.
  • Peran yaitu ssesuatu yang dilakukan seseorang di dalam masyarakat.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang apa itu pengertian peran. Mudah-mudahan penjelasan yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian di atas bisa menambah ilmu pengetahuan kita.

Sumber https://www.temukanpengertian.com/https://www.contohapps.com/Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Pengertian Peran"