Geografi Bukan Hanya Sekedar Menghapal Tempat

Jika kalian belajar geografi maka hal pertama yang pasti terpikirkan adalah menghapal negara, sungai, gunung api, danau atau lainnya. Memang benar pada dasarnya geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi. Tapi apakah hanya sebatas menghapal lokasi lalu selesai?. Untuk ukuran anak SD atau SMP mungkin pemahaman geografi hanya sampai level tersebut.
Jauh menyelam ke dalam geografi, ilmu ini bukan hanya sebatas untuk mengetahui tempat saja. Ada berbagai macam pertanyaan lagi yang harus diselesaikan, contohnya jika kamu bertanya tentang negara Islandia maka pertanyaannya akan sangat banyak. Baca juga: Profil Negara Islandia, Gunung Api di Tengah Atlantik.

1. Dimana lokasi Islandia?
2. Mengapa Islandia berada di tengah Samudera Atlantik?
3. Bagaimana kondisi geografis dan kependudukan negara tersebut?
4. Mengapa negara tersebut banyak terdapat gunung api?
5. dll
Jika kalian belajar geografi maka hal pertama yang pasti terpikirkan adalah menghapal nega Geografi Bukan Hanya Sekedar Menghapal Tempat
DT Dieng, pic:http://www.embunpagitours.com/
Tentu jawabannya bisa menjadi satu makalah atau buku. Geografi mendeskripsikan perihal suatu lokasi dan karakteristiknya. Masih banyak anggapan yang menganggap geografi masih kalah mentereng dari ilmu lainnya padahal ilmu itu bukan dilihat dari prestige nya tapi sejauhmana kebermanfaatannya bagi umat manusia, bukan?
Berbagai macam persoalan dalam tatanan ruang permukaan bumi kini semakin kompleks. Kemacetan, pencemaran lingkungan, kriminalitas dan lainnya. Semua ilmu termasuk geografi harus terus berperan dalam mengatasi hal tersebut. Kalian tentu tahu kan Majalah atau Siaran National Geographic. Negara maju (Amerika) jauh berkembang pesat dalam menjadikan ilmu geografi sebagai "brand" dan menjadi salah satu siaran ilmu pengetahuan yang sangat bagus. Jadi beruntunglah keluarga yang berlangganan TV Kabel karena bisa menonton acara tersebut. 
Jadi geografi adalah ilmu yang sangat komperhensif dan membutuhkan kajian mendalam dalam memahami lokasi. Baca juga: Jadi Surveyor Geologi, gaji besar, Mau?

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar