Wales, Sebuah Wilayah Semenanjung Kecil di Britania Raya

Wales, negara kecil ini kini menjadi buah bibir dunia karena keberhasilannya menembus semifinal Euro 2016 di keikutsertaanya yang pertamakali. Lantas, Wales itu negara yang seperti apa sih?. 
Wales merupakan salah satu bagian dari Britania Raya atau United Kingdom (UK) dan memiliki budaya yang khas dibanding negara persemakmuran Inggris lainnya. Wales menjadi otonomi sejak tahun 1999. Wilayah Wales yaitu industri berat di selatan, pertanian di wilayah timur, bukit pertanian utara dan barat, dan wilayah bahasa Welsh. Berikut ini profil singkat Wales:

Status: Semi-otonomi dari Britania Raya
Populasi: 2,9 juta (sensus 2001)
Ibukota: Cardiff
Luas: 20.7779 km2
Bahasa: Inggris, Welsh
Agama: Kristen
Mata uang: 1 Poundsterling = 100 pence
Produk: Elektronik, lembaran logam, suku cadang otomotif

 negara kecil ini kini menjadi buah bibir dunia karena keberhasilannya menembus semifinal  Wales, Sebuah Wilayah Semenanjung Kecil di Britania Raya
Wales, http://www.lonelyplanet.com/
Pemerintahan Wales saat ini memiliki kekuatan yang lebih besar dan sumber ekonomi mereka adalah industri ringan, pariwisata dan jasa keuangan. Tapi populasi yang sedikit dan infrastruktur transportasi yang buruk membuat pembangunan tidak berjalan merata.
Wales memiliki identitas yang khas seperti bahasa Welsh dan budayanya dan mendorong terjadinya pemisahan kekuasaan dari London kepada Majelis Nasional Welsh di Cardiff pada 1990an. Namun wilayah pedalaman pedesaan Wales masih dipengaruhi oleh kaum profesional Inggris dan mengancam budaya Wales. 
Wales merupakan semenanjung besar di Britania Raya bagian barat dan dibatasi oleh sungai besar dan pegunungan. Kondisi iklim di Wales hampir sama dengan kondisi iklim di Inggris yaitu moderat.

Negara ini masih terpencil di wilayah Britania Raya hingga abad ke 19. Industri manufaktur kemudian berkembang di wilayah di selatan dan utara ke timur. Ekspor batubara dan baja memberikan dasar industri besar di wilayah ini. Pada saat yang sama Wales mengalami kebangkitan dalam hal bahasa induk mereka yaitu Welsh yang banyak diajarkan di sekolah agama.
Kemunculan kaum buruh yang terorganisir di akhir abad ke 19 membuat Wales menjadi wilayah penting bagi gerakan serikat buruh. Partai Buruh kemudian berdiri dan mendominasi kehidupan politik Wales sejak itu. Wales secara resmi didefinisikan sebagai wilayah yang berbeda dan memiliki hukum berbeda dari Inggris pada 1967.
pada tahun 1962 Komunitas Bahasa Welsh dibentuk untuk menanggapi kekhawatiran akan ekspansi media berbahasa Inggris dan depopulasi pedesaan.

Nama Wales sebenarnya berasal dari bahasa Saxon tua yang artinya orang asing atau orang luar. Dalam bahasa Perancis, Wales dikenal sebagai Pays de Galle, sebuah nama yang mencerminkan akar Celtic dari masyarakat Wales dan adanya kaitan sejarah diantara kedua negara.

Wales memiliki panjang garis pantai sekitar 1.300 km mulai dari pantai berpasir datar di utara dan selatan hingga pantai tebing terjal di barat. Snowdon adalah gunung tertinggi (1.085 mdpl) di Wales dan kedua di Britania Raya. Wales memiliki 3 Taman Nasional yaitu Brecon Beacons National Park, the Snowdonia National Park, and the Pembrokeshire Coast National Park. 

Iklim di Wales masuk kategori sedang dengan Mei hingga Agustus biasanya menjadi bulan terpanas. Karena dekat dengan arus teluk membuat negara Gareth Bale ini menjadi negara yang tetap hangat daripada negara lain di lintang yang sama. Wales menerima rata-rata 4,12 jam sinar matahari per hari dengan curah hujan 1.140 mm per tahun.

Ketika bangsa Celtic menetap di Wales sekitar 600 SM, mereka membawa bahasa dan budaya mereka. Welsh adalah salah satu dari 6 bahasa Celtic yang masih bertahan di dunia hingga saat ini.

Dalam sejarahnya, Welsh selalu berada di bawah permerintahan Inggris hingga pemilu pertama untuk membangun Majelis Nasional Wales diadakan di tahun 1999. 60 anggota terpilih menjadi Majelis Pemerintahan Wales dan bertemu di Cardiff untuk membuat Undang-Undang negara.

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar