Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Contoh Soal dan Jawaban PTS Indonesia SMA Kelas 11 smt 1


Apakabar siswa dan siswi indonesia pada kesempatan ini kami akan menyajikan 30 Contoh Soal dan Jawaban PTS Indonesia SMA Kelas 11 smt 1 semoga jadi referensi dan tambahan pengetahuan untuk menambah wawasan.

Jawaban yang ada pada Contoh soal dan jawaban ini tidak mutlak kebenarannya jika adik-adik siswa memiliki jawaban yang dianggap benar silahkan isi komentar pada artikel ini. soal-soal yang disajikan dilansir dari buku kemdikbud  kurikulum merdeka. Selamat Belajar.

35 Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Untuk PTS Pilihan Ganda

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-2!

Teks tersebut terdiri dari pendahuluan dan rincian-rincian tentang sebab terjadinya gempa bumi. Bagian pendahuluan terdiri atas tiga paragraf yang berisi pengertian gempa bumi dan jenis-jenisnyBagian perincian terdiri atas lima paragraf. Paragraf pertama membahas …

1. Teks diatas adalah penilaian hasil analisis teks eksplanasi bagian ….

  1. kaidah
  2. bahasa
  3. struktur
  4. kesimpulan
  5. isi

2. Hal yang tidak diungkap dalam penilaian laporan hasil analisis teks eksplanasi di atas adalah ….

  1. Rincian sebab terjadinya gempa bumi
  2. Jumlah paragraf
  3. Pengertian gempa bumi
  4. Proses terjadinya gempa bumi
  5. Jenis-jenis gempa bumi

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 3-5!

Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia tenggarHal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu.

3. Teks eksplanasi di atas menuangkan tentang pengetahuan tentang masalah/ fenomena ….

  1. alam
  2. sosial
  3. agama
  4. ekonomi
  5. budaya

4. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah …

  1. a. Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu
  2. b. Bahasa Indonesia sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (Lingua france) atau bahasa pergaulan
  3. c. Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara
  4. Ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu
  5. Di Melayu telah ditemukan prasasti-prasasti kuno

5. Obyek teks eksplanasi di atas adalah ….

  1. Asal usul bahasa Melayu
  2. Asal usul bahasa Lingua France
  3. Asal usul bahasa Indonesia
  4. Asal usul bahasa prasasti kuno
  5. Asal usul suka Melayu

6. Kalimat dalam teks prosedur tidak membingungkan dan mudah diikuti berarti kalimat tersebut ….

  1. logis
  2. jelas
  3. baku
  4. singkat
  5. ejektif

6. Berikut yang bukan merupakan contoh dari konjungsi temporal adalah ….

  1. mengapa
  2. selanjutnya
  3. kemudian
  4. apabila
  5. setelah

8. “Jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja” merupakan kalimat ….

  1. interogatif
  2. imperatif
  3. deklaratif
  4. primitif
  5. baku

9. jika, seandainya, apabila merupakan bagian dari ….

  1. konjungsi temporal
  2. verba tingkah laku
  3. verba material
  4. pembukaan
  5. konjungsi syarat

10. “Pastikan tuduhan pelanggaran” merupakan contoh dari …

  1. deklaratif
  2. interogatif
  3. imperatif
  4. persuasive
  5. deklaratif

11. Paragraf ketiga dalam teks prosedur berisi ….

  1. tujuan
  2. interpretasi
  3. langkah-langkah
  4. tesis
  5. argumentasi

12. Langkah-langkah dalam struktur teks prosedur artinya ….

  1. hasil akhir yang akan dicapai
  2. cara-caranya
  3. pengertian
  4. penjelasan
  5. penafsiran

13. Syarat-syarat dan piliha kata yang tepat dalam teks prosedur adalah ….

  1. siapa, dimana, kapan
  2. jika, apabila, dan seandainya
  3. c.sedang, dengan, dan apa
  4. dan, dengan
  5. kapan, dimana

14. Contoh konjungsi tujuan yang benar adalah …

  1. tetapi
  2. dengan
  3. dan
  4. kapan
  5. agar

15. pertama, kedua, selanjutnya termasuk kata ….

  1. prosedur
  2. tujuan
  3. struktur
  4. verba
  5. konjungsi

16. Tujuan ceramah adalah ….

  1. memberikan nasehat
  2. mendeskripsikan sesuatu
  3. menjelaskan fenomena
  4. mengembangkan paragraf
  5. mengumumkan iklan

17. Berikut ini bukan ciri ceramah adalah ….

  1. tujuannya jelas
  2. mengandung opini saja
  3. isinya mengandung kebenaran
  4. cara penyampaian sesuai dengan pendengar
  5. menciptakan suasana yang efektif

18 Ceramah dilakukan oleh ….

  1. pendengar
  2. audiens
  3. pendakwah
  4. pidato
  5. pembicara

19. Penyampaian nasihat yang tidak dibatasi oleh waktu adalah ….

  1. ceramah
  2. pidato
  3. dakwah
  4. seminar
  5. presentasi

20. Ceramah bersifat menyeluruh tidak ada batasan-batasan apapun baik baik dari audien yang tua maupun muda, hal tersebut disebut ceramah ….

  1. khusus
  2. umum
  3. illegal
  4. luar
  5. dalam

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 21-22!

Teks tersebut terdiri dari pendahuluan dan rincian-rincian tentang sebab terjadinya gempa bumi. Bagian pendahuluan terdiri atas tiga paragraf yang berisi pengertian gempa bumi dan jenis-jenisnyBagian perincian terdiri atas lima paragraf. Paragraf pertama membahas …

21. Teks diatas adalah penilaian hasil analisis teks eksplanasi bagian ….

  1. kaidah
  2. bahasa
  3. struktur
  4. kesimpulan
  5. isi

22. Hal yang tidak diungkap dalam penilaian laporan hasil analisis teks eksplanasi di atas adalah ….

  1. Rincian sebab terjadinya gempa bumi
  2. Jumlah paragraf
  3. Pengertian gempa bumi
  4. Proses terjadinya gempa bumi
  5. Jenis-jenis gempa bumi

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 23 - 25!

Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia tenggarHal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu.

23. Teks eksplanasi di atas menuangkan tentang pengetahuan tentang masalah/ fenomena ….

  1. alam
  2. sosial
  3. agama
  4. ekonomi
  5. budaya

24. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah …

  1. Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu
  2. Bahasa Indonesia sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (Lingua france) atau bahasa pergaulan
  3. Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara
  4. Ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu
  5. Di Melayu telah ditemukan prasasti-prasasti kuno

25. Obyek teks eksplanasi di atas adalah ….

  1. Asal usul bahasa Melayu
  2. Asal usul bahasa Lingua France
  3. Asal usul bahasa Indonesia
  4. Asal usul bahasa prasasti kuno
  5. Asal usul suka Melayu

26. Perhatikan wacana berikut!

Buku ini berjudul Matematika Aplikasi yang diperuntuhkan untuk SMA dan MA Kelas XII program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H, F, S dimana dalam buku ini siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath dan siapa berani.
Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahamioleh siswSelain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.

Kutipan buku nonfiksi tersebut memaparkan tentang ….

  1. identitas buku dan ikhtisar isi buku
  2. ikhtisar isi buku dan kekurangan buku
  3. identitas buku dan kelebihan buku
  4. ikhtisar isi buku dan kelebihan buku
  5. judul buku dan ikhtisar buku

27. Perhatikan wacana berikut!

Buku ini memiliki banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain, yakni memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannyMemiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.

Berdasarkan kutipan resensi tersebut, kekuatan yang tidak dimiliki buku tersebut adalah ….

  1. memiliki kumpulan simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya.
  2. memiliki informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dirasakan manfaatnya.
  3. memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi
  4. memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.

28 Perhatikan wacana berikut!

Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan keduPada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halamn 47, Bab IV berisi “Melejitkan potensi diri” tertulis pada halaman 73, Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kreativitas, Bab VI membahas tentang “Budaya Daerah” Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas tentang “Menguasai ILmu Pengetahuan” Bab VIII membahas tentang “Kegiatan Berkesan”. Pada akhir buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang.
Kutipan resensi tersebut memaparkan tentang ….

  1. identitas buku
  2. ikhtisar isi buku
  3. kelebihan dan kekurangan buku
  4. kesimpulan
  5. judul buku

29. Berikut bentuk karangan nonfiksi, kecuali ….

  1. fakta
  2. realita
  3. benar
  4. terjadi
  5. opini

30. Tulislah nonfiktif biasanya berbentuk …

  1. laporan
  2. artikel
  3. feature
  4. novel
  5. skripsi

Disclaimer : Ini adalah pembahasan tentang kunci jawaban dari pertanyaan tersebut, dan kegiatan pertama yang dilakukan penerima setelah menerima surat adalah sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu anaknya belajar.

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini mungkin bukan kebenaran mutlak, sehingga orang tua dan siswa dapat mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan lebih akurat. Temukan jawaban dari buku teks sesuai kurikulum yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.

Demikian artikel ini dibuat tentang 35 Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/SMK Lengkap Beserta Kunci Jawaban Semester 1 Materi Merdeka.

Sekian terima kasih untuk semuanya.

Semoga bermanfaat.***

Posting Komentar untuk "30 Contoh Soal dan Jawaban PTS Indonesia SMA Kelas 11 smt 1 "