Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Geografi Siberia

Siberia adalah sebuah wilayah yang membentuk hampir seluruh Asia Utara. Wilayah ini terdiri dari bagian tengah dan timur Rusia dan meliputi wilayah Pegunungan Ural Timur hingga Samudera Pasifik. Siberia juga meluas dari Samudera Arktik selatan hingga ke Kazakhstan utara dan perbatasan Mongolia dan Cina. Total luas Siberia mencakup 13,1 juta km persegi atau 77% dari wilayah Rusia.
Siberia memiliki sejarah panjang jika dirunut sampai ke zaman prasejarah. Bukti dari beberapa spesies manusia tertua telah ditemukan di wilayah selatan Siberia yang berumur 40.000 tahun lalu. Spesies ini termasuk ke dalam Homo Neanderthalensis yaitu spesies sebelum manusia dan Homo Sapiens yang fosilnya ditemukan pada Maret 2010. Pada awal abad ke 13, daerah Siberia ditaklukkan oleh bangsa Mongol, sebelumnya Siberia dihuni oleh berbagai kelompok manusia nomaden. Pada abad ke 14, Independent Siberia Khanate didirikan. Di abad ke 16, Rusia mulai tumbuh dan dengan kekuatannya mengambil alih  tanah Siberia Khanate. Kala itu awalnya Rusia mulai membangun benteng lebih jauh ke timur dan akhirnya mengembangkan kota-kota Tara, Yeniseysk dan Tobolsk hingga ke Arah Samudera Pasifik. Di luar kota ini, sebagian besar wilayah Siberia masih jarang dihuni penduduk dan hanya pedagang dan penjajah yang mamasuki wilayah tersebut. 

Peta Siberia
Di abad ke 19, kekuasaan Rusia mulai mengirimkan para tahanan ke Siberia dan puncaknya sekitar 1,2 juta tahanan dikirim ke wilayah ini. Mulai tahun 1891, pembangunan jalur kereta Trans-Siberia dimulai. Dari tahun 1801-1914 sekitar 7 juta orang pindah dari Eropa Rusia menuju Siberia dan pada 1859-1917 setelah pembangunan rel kereta selesai, lebih dari 500 ribu orang pindah ke Siberia. Di tahun 1893, Novosibirsk didirikan yang hingga saat ini merupakan kota terbesar di Siberia. Saat ini, Siberia memiliki populasi mencapai 36 juta jiwa dengan kota-kota besar menyebar di penjuru wilayah ini.
Siberia memiliki luas lebih dari 13,1 juta km persegi dan kaya akan topografi yang mencakup beberapa zona geografis yang berbeda. Zona utama geografi dari Siberia Adalah Plato Siberia Barat dan Plato Siberia Tengah. Daerah Plato Siberia Barat memiliki morfologi datar dan berawa. Bagian utara didominasi oleh plato yang dilapisi tanah beku (permafrost). Sementara wilayah selatan terdiri dari padang rumput. Plato Siberia Tengah adalah wilayah vulkanik kuno yang kaya akan bahan galian seperti mangan, timah, seng, nikel dan kobalt. Emas dan intan juga ditemukan di wilayah ini. Bagaimanapun, sebagian besar wilayah ini merupakan tanah beku dengan vegetasi hutan taiga.

Padang Es di Siberia
Di luar wilayah utama, Siberia memiliki beberapa pegunungan terjal yang mencakup Peg. Ural, Peg. Altai dan Verkhoyansk Range. Titik tertinggi di Siberia adalah Klyuchevskaya Sopka yang merupakan gunung api aktif di Semenanjung Khamcatka (4.649 m). Danau Baikal yang merupakan danau tertua dan terdalam di dunia berada di wilayah ini (usia 30 juta tahun, kedalaman maksimum 1.642 m). Siberia juga mengandung sekitar 20% deposit air beku dunia. Hampir semua vegetasi utama Siberia adalah Taiga namun di sebagian kecil wilayah terdapat tundra dan hutan gugur di selatan. Iklim Siberia termasuk kategori sub arktik dengan rata-rata suhu terendah adalah 20 derajat celcius di Januari sedangkan rata-rata suhu tertinggi adalah 26 derajat celcius di Juli.
Siberia kaya akan min

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Geografi Siberia"