Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Warna Dingin dan Contohnya

Assalamualaikum. Pada pertemuan kali ini, IndoINT.website akan mencoba menjelaskan Pengertian Warna Dingin dan Contohnya. agar sobat tahu tentang pengelompokan warna dan mengetahui warna apa saja yang memiliki sifat dingin. perlu sobat ketahui, artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu pembahasan tentang warna panas. diharapkan sobat bisa membedakan keduanya. 

Warna Dingin

Apa itu Warna Dingin ?

Warna Dingin adalah kelompok warna yang mensimbolisasikan kesejukan, ketenangan, kelembutan dsb. dalam Roda warna, warna dingin dimulai dari Hijau sampai Ungu, kebalikan dari warna panas. sensasi yang bisa ditimbulkan warna dingin adalah ilusi dekat.

Cobalah sesekali merasakan pemandangan pegunungan sekitar kalian, pasti jiwa akan terasa lebih tenang. secara tidak langsung warna dingin juga bisa dijadikan sebagai terapi yang menimbulkan efek positif bagi otak kita.

Contoh Warna Dingin

Untuk mengetahui susunan warna dingin, kita membutuhkan Skema warna yang diciptakan oleh Brewster. dalam skema warna ini terdapat 3 Warna Primer, 3 Warna sekunder yang merupakan turunan warna primer, kemudian warna 6 Warna tersier dari hasil pencampuran warna sekunder.

Dari semua warna yang ada, maka terbentuklah sebuah susunan warna yang terbagi menjadi 2 jenis yaitu warna panas dan dingin. lihat gambar dibawah.

Warna dingin dimulai dari Hijau, Green-Blue (hijau kebiru-biruan), Biru, Biru ke unguan, Ungu, Merah keunguan.
 agar sobat tahu tentang pengelompokan warna dan mengetahui warna apa saja yang memiliki s Pengertian Warna Dingin dan Contohnya
Skema warna panas dan dingin
Contoh kasus warna dingin bisa sobat praktekkan sendiri. ketikan memakai baju dengan warna hijau dan berada di luar rumah. badan kita akan tetap terjaga kehangatannya dibandingkan memakai baju warna merah. itu karena, baju warna hijau tidak begitu banyak menyerap energi panas.


Warna Dingin Dalam Desain Grafis

Dalam desain grafis pemilihan warna sangatlah penting, karena ini adalah sebagian dari konsep. jika konsep yang dinginkan adalah ringan, sejuk, sederhana maka penggunaan kelompok warna dingin sangatlah pas. Contohnya Desain poster tentang Alam Hijau. maka jika kita hubungkan alam hijau dengan warna kita akan mendapatkan warna tumbuhan yang rata-rata hijau. dari sinilah bisa di ambil kombinasi warna terbaik bagi poster.

Berikut salah satu contoh perpaduan warna dingin pada ruang interior rumah.

 agar sobat tahu tentang pengelompokan warna dan mengetahui warna apa saja yang memiliki s Pengertian Warna Dingin dan Contohnya
Blue Bedroom ( source : yonba.co/ )
Warna dasar dari ruangan diatas adalah biru, dan selebihnya masih menggunakan kelompok warna dingin. dari pengamatan saya, kita bisa merasakan ketenangan dan kesejukan ketika berada didalam ruangan ini. 


Penutup

Dari penjelasan diatas semoga sobat sekalian bisa lebih mengerti tentang pengertian warna dingin  dan contohnya agar lebih mudah dalam mengkombinasikan warna.  mungkin sampai disini dulu perjumpaan kita, semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat. lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Safri ST mengucapkan terima kasih sudah berkunjung - Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Posting Komentar untuk "Pengertian Warna Dingin dan Contohnya"