Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Ukuran Render Affter Effect yang Besar



Cara Menyimpan Video pada Adobe After Effects dalam Format Mp4,- Bagi anda yang suka membuat dan mengedit video pastinya tahu tentang software satu ini yaitu Adobe After Effects, software ini sudah banyak digunakan untuk membuat video atau untuk menyempurnakan video yang dibuat karena banyak tools serta fitur yang akan membuat video semakin bagus dari pada versi originalnya. serta kelebihan yang ditawarkan dari Adobe affter effects juga tidak main-main seperti yang mungkin paling mengagumkan adalah effects seperti pada film box office semacam effects tabrakan, ledakan dan masih banyak lagi lainnya.

Walaupun bukan software yang dikhususkan bagi pemula tapi anda yang ingin mempelajari adobe after effects pasti bisa, karena banyak sekali web ataupun video youtube yang membahas mengenai software satu ini. saya pun juga baru belajar membuat video dari software adobe after effects ini walaupun baru bisa membuat video sederhana namun saya sedikit mengerti beberapa tools serta cara kerja dari Adobe affter effects.

Seperti halnya software keluaran dari perusahaan Adobe lainnya, Adobe after effect ini juga mempunyai beberapa jenis dan versi seperti CS dan CC. walaupun mempunyai banyak versi sebaiknya jika mencari tutorial mengenai affter effects sebaiknya cari tutorial yang sama dengan versi Adobe after effect anda agar tidak terlalu kesulitan karena biasanya versinya mempunyai tools yang cukup berbeda khususnya yang CS dan CC.

Nah buat anda semua yang baru belajar Adobe after effect, disini saya akan memberikan tutorial cara menyimpan video dari affter effect. Kenapa saya memberikan tutorial ini, karena banyak yang yang mengeluh tentang ukuran yang tertalu besar dari video yang dihasilkan oleh adobe affter effect bahkan hingga bergiga-giga dan saya sendiri juga mengalaminya, ukuran dari video pertama yang saya hasilkan pernah hingga mencapai ukuran 50 Gb padahal durasi video hanya sekitar 4 Menitan. Loh kok bisa? memang jika anda memilih format Avi dalam menyimpan video dari affter effect ukuranya akan membengkak, karena format avi kurang baik dalam mengkompres video berbeda dengan format lainnya semacam mp4 yang sangat baik dalam mengkompres video sehingga video bisa berukuran kecil.

Buat anda yang mencari solusi cara agar ukuran video yang dihasilkan adobe after effect tidak terlalu besar saya sarankan memilih format selain .avi rekomendasi format mp4, dan untuk caranya yang belum tahu caranya bisa di ikuti cara dibawah ini.

Cara Menyimpan Video Affter Effects dalam Format Mp4


1. Pertama silahkan buka Adobe After Effect lalu untuk menyimpan video klik Composition dan pilih Add ro Render Queue, untuk lebih cepatnya tekan tombol (Crtl+M) pada keyboard.


2. Setelah itu akan muncul Render Queue dibagian bawah, untuk memilih format mp4 caranya klik "Lossless" pada output module.


3. Kemudian pada format silahkan pilih "H.264", kenapa harus H.264? karena format tersebut adalah nama lain dari format Mp4. dan jangan lupa centang "Audio Output" karena jika tidak maka video yang dihasilkan nanti tidak akan bersuara, Jika sudah OK.


4. Selanjutnya klik pada bagian "Output to" untuk memilih tempat keluaran video, dan jika sudah semua terakhir tinggal klik Render.


Disini Prosesnya cukup lama apalagi jika video berdurasi cukup panjang, silahkan baca Cara agar komputer atau laptop selalu menyala terus, agar komputer/laptop ada tidak sleep dan untuk mengistirahatkan komputer/laptop pause dulu rendernya lalu baca Cara mematikan komputer atau laptop tanpa menutup program. Sekian tips yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.


Sumber https://www.blogespada.net/

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Ukuran Render Affter Effect yang Besar"