Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Bingung Puting dan Bagaimana Mengatasinya?

.

doktersehat-menyusui-kehamilan

materikuliah.my.id/#– Bagi Anda yang memberi susu pada bayi dengan botol, pernahkah Anda mengalami anak menolak menyusu pada ibu dan lebih memilih botol dot? Situasi ini kerap disebut dengan istilah bingung puting, yaitu bayi merasa sulit melekatkan mulutnya pada puting payudara. Apa penyebabnya?

Banyak yang menganggap bayi bingung puting disebabkan karena bayi tidak bisa membedakan antara dot dan puting ibu. Namun sebenarnya, bayi tidak benar-benar bingung. Dilansir dari laman aimi-asi, pakar laktasi asal Kanada, dr. Jack Newman, FRCPC menyebutkan bahwa bayi tahu apa yag ia inginkan, namun ketika ia mendapat aliran yang lambat dari payudara kemudian mendapat aliran yang lebih cepat dari botiol, maka bayi akan memilih apa yang ia sukai.

Bayi yang mengalami bingung puting tidak selalu segera menolak dot, namun ia akan kesulitan menghisap sehingga dapat membuat produksi ASI ibu menurun. Beberapa tanda bingung puting yang lain sering terjadi antara lain:

  • Bayi membuka mulut namun tidak cukup lebar untuki melekat dengan benar di payudara
  • Bayi mencari-cari puting dan tampak bingung
  • Bayi melengkungkan punggungnya saat akan disusui
  • Bayi tampak melekat namun tidak menghisap dengan benar

Jika bayi Anda menunjukkan tanda-tanda tersebut, maka segera hentikan penggunaan botol dot untuk sementara agar si kecil bisa kembali menyusu melalui puting. Jika si kecil sudah terbiasa menyusu dari puting ibu, Anda boleh kembali memberikan ASI dengan botol.

Yang perlu diperhatikan, kadang ibu merasa sedih mendapat penolakan dari anak yang bingung puting. Namun sebaiknya ibu tetap harus mencoba memberi ASI langsung dari payudara ibu. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat bayi kembali mau menyusu pada Anda, antara lain:

Bantu pelekatan bayi saat menyusu
Saat menyusui, bantu proses pelekatan bayi agar lebih mudah meraih payudara Anda. Anda juga bisa membantu proses menyusui dengan memberinya pijatan-pijatan lembut. Hal ini akan melancarkan keluarnya ASI dari payudara Anda.

Menyusui saat bayi lapar
Bayi yang lapar akan mencari payudara ibu dan menyusu lebih semangat sehingga bisa mendapatkan ASI lebih banyak. Hal ini dapat membuat bayi puas dan kenyang

Bila bingung puting terus terjadi dalam waktu yang lama dan Anda sudah mencoba segala macam cara, maka sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter laktasi.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Bingung Puting dan Bagaimana Mengatasinya?"