Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Penyembuhan Luka Pengidap Diabetes Lebih Lambat?

.

doktersehat-luka-memar

materikuliah.my.id/#– Penyakit diabetes bisa menyebabkan penyembuhan luka lebih lambat. Hal ini menimbulkan risiko bahwa seseorang pengidap diabetes akan mengalami infeksi dan komplikasi lainnya.

Namun, seperti dilansir dari Medical News Today, bila seseorang mengelola diabetes mereka dengan baik dapat memperbaiki penyembuhan luka dan mengurangi kemungkinan terkena infeksi serius.

Diabetes dan penyembuhan luka
Luka ringan, luka terbuka, dan luka bakar adalah luka yang sering orang dapatkan, tapi bagi penderita diabetes, luka serius dapat menyebabkan masalah kesehatan serius juga.

Banyak penderita diabetes mengalami luka yang lambat penyembuhannya atau tidak pernah sembuh. Luka yang tidak sembuh dengan baik bisa terinfeksi.

Infeksi dapat menyebar secara lokal, ke jaringan dan tulang di sekitarnya atau untuk menjauhi area tubuh. Dalam beberapa kasus, infeksi bahkan mungkin berakibat fatal.

Ulkus kaki diabetik mempengaruhi 15 persen penderita diabetes. Ini adalah luka yang menyakitkan yang pada akhirnya dapat menyebabkan amputasi kaki.

Bahkan bila luka tidak terinfeksi, bisa juga mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Luka di kaki bisa membuat sulit berjalan atau berolahraga tanpa rasa sakit.

Menjaga diabetes terkendali dapat mengurangi risiko luka penyembuhan lambat dan komplikasi, termasuk bisul kaki.

Sebuah studi tahun 2013 menemukan korelasi yang jelas antara glukosa darah dan penyembuhan luka. Orang yang menjalani operasi untuk luka diabetes kronis lebih mungkin untuk sepenuhnya sembuh jika glukosa darah mereka terkontrol dengan baik pada saat operasi.

Mengapa diabetes mempengaruhi penyembuhan luka?
Diabetes membuat lebih sulit bagi tubuh untuk mengatur kadar glukosa darah. Bila glukosa darah tetap tinggi secara kronis, ini mengganggu fungsi sel darah putih, sehingga tidak mampu melawan bakteri.

Diabetes, terutama jika tidak terkontrol, juga terkait dengan sirkulasi yang buruk. Seiring sirkulasi melambat, sel darah merah bergerak lebih lambat. Hal ini membuat tubuh lebih sulit mengantarkan nutrisi ke luka. Akibatnya, luka sembuh perlahan, atau mungkin tidak sembuh sama sekali.

Kerusakan syaraf merupakan faktor lain yang mempengaruhi penyembuhan luka. Glukosa darah yang tidak terkontrol dapat merusak saraf tubuh, yang berarti bahwa penderita diabetes dapat mempertahankan trauma pada kaki mereka dengan lebih mudah tanpa menyadari bahwa mereka terluka. Hal ini dapat mencegah mereka untuk mencari pengobatan, sehingga luka menjadi lebih buruk lagi.

Gangguan berkeringat, kulit kering dan retak, infeksi kuku, dan kelainan bentuk kaki lebih sering ditemukan pada orang dengan diabetes, meningkatkan risiko infeksi bakteri.

Penelitian secara konsisten mengungkap cara lain bahwa diabetes yang bisa mempengaruhi penyembuhan luka, termasuk:

  • Melemahkan produksi hormon yang terkait dengan pertumbuhan dan penyembuhan
  • Penurunan produksi dan perbaikan pembuluh darah baru
  • Kekebalan kulit melemah
  • Penurunan produksi kolagen

Komplikasi
Orang yang menunjukkan penyembuhan luka yang buruk akibat efek peredaran darah dan neurologis diabetes mungkin juga memiliki komplikasi lain. Ini termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, dan masalah mata.

Luka yang tidak diobati bisa menjadi terinfeksi, dan infeksi bisa menyebar secara lokal ke otot dan tulang. Ini disebut osteomyelitis.

Jika infeksi menyebar ke aliran darah, itu disebut sepsis dan bisa mengancam nyawa. Infeksi dalam kadang kala menjadi parah dan membutuhkan amputasi.

Pencegahan
Strategi yang dapat mencegah penyembuhan lambat luka akibat diabetes termasuk mengelola glukosa darah, perawatan kaki yang tepat, dan mengobati luka dengan segera.

Perawatan kaki yang benar meliputi:

  • Mencuci kaki setiap hari
  • Melembapkan kulit dengan lotion pelembab
  • Menghindari berjalan tanpa alas kaki
  • Hati-hati menggunting kuku kaki
  • Memakai sepatu yang nyaman
  • Memeriksa kaki dan melihat bagian dalam sepatu setiap hari
  • Periksakan kaki ke dokter

Penderita diabetes harus hati-hati memantau luka. Meskipun normal bagi luka diabetes untuk sembuh dengan perlahan, tidak normal bagi mereka untuk tetap terbuka selama beberapa minggu, menyebar, atau menjadi sangat menyakitkan.

Orang dengan diabetes yang terkelola dengan baik cenderung tidak menderita luka serius yang tidak sembuh.

Orang dengan diabetes tipe 1 harus mengkonsumsi insulin seumur hidup. Mereka yang memiliki diabetes tipe 2 memiliki lebih banyak pilihan untuk mengendalikan glukosa darah mereka, termasuk beberapa obat anti-diabetes dan insulin.

Kedua jenis diabetes tersebut mendapat manfaat dari diet yang dikontrol karbohidrat. Dalam kasus diabetes tipe 2, intervensi gaya hidup, seperti diet, olahraga, dan penurunan berat badan, secara substansial dapat memperbaiki gula darah dan bahkan memungkinkan seseorang untuk mengelola diabetes mereka tanpa pengobatan.

Kesimpulanya, luka yang tidak sembuh bisa cepat mengancam nyawa. Pandangan positif untuk penyembuhan luka lambat bergantung pada penanganan segera.

Pengidap diabetes harus segera menghubungi dokter saat mereka mengalami luka serius atau menyakitkan, atau jika luka tampak terinfeksi, menyebabkan demam, atau tidak sembuh setelah beberapa hari.

Kombinasi pengobatan antibiotik yang agresif, membersihkan luka, perawatan bedah untuk mengangkat jaringan yang mati, dan kontrol glukosa yang lebih baik dapat membantu. Jika luka tidak merespons pengobatan, seperti ulkus kaki diabetik parah atau ekstensif, amputasi mungkin diperlukan.

Posting Komentar untuk "Mengapa Penyembuhan Luka Pengidap Diabetes Lebih Lambat?"