Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Cradle Crap, Kulit Kepala Bayi yang Berkerak

.

doktersehat-bayi-mandi

materikuliah.my.id/#– Beberapa ibu mungkin panik saat memandikan bayinya lalu mendapati bahwa di kepalanya muncul kerak kepala. Kerak tersebut disebut dermatitis seboroik atau cradle crap, dan merupakan hal yang wajar pada bayi.

Cradle crap biasanya terdapat di kepala atau dahi bayi. Kerak ini akan terkelupas sendirinya seperti serpihan ketombe. Belum diketahui dengan pasti penyebab munculnya kerak kepala ini, namun kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh pengaruh hormon ibu pada jaringan kulit bayi sejak dalam kandungan. Hormon pada tubuh ibu pindah ke kulit bayi selama kehamilan dan menyebabkan kelenjar kulit bayi bekerja terlalu aktif untuk menghasilkan minyak alami kulit. Hal ini menyebabkan kulit bayi berminyak sehingga sulit mengelupas saat digantikan dengan sel kulit baru.

Meskipun munculnya kerak kepala termasuk hal yang wajar, namun kadang hal ini mengganggu bagi pertumbuhan rambut bayi sehingga dapat menimbulkan gangguan kulit seperti bisul, jerawat, atau biang keringat.

Untuk mengatasi kerak kepala bayi, Anda bisa melakukan cara ini:

Keramas
Keramasi kepala bayi dengan sampo khusus bayi dan gosokkan secara perlahan jari Anda ke area yang berkerak. Anda bisa menggunakan lap lembut untuk membantu membersihkan kepala bayi. Jangan menggosok terlalu keras untuk mencegah infeksi.

Menyisir
Setelah Anda selesai mengeramasi bayi, sisir kepala bayi dengan sisir khusus bayi yang berbahan lembut. Keringkan rambut dengan handuk sampai benar-benar kering dan bersih.

Gunakan minyak tambahan
Beberapa minyak seperti minyak zaitun atau minyak bayi dapat mengangkat kerak dan menghilangkannya secara perlahan. Pilih bahan yang aman untuk bayi agar tidak memicu iritasi kulit.

Hindari menghilangkan kerak kelapa bayi dengan paksa atau mengelupasnya dengan kuku karena dapat menyebabkan luka atau infeksi. Umumnya kerak kepala ini akan hilang secara perlahan selama beberapa minggu. Jika kerak kepala tidak berkurang, terjadi pembengkakan atau gatal yang menyebabkan bayi rewel, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Cradle Crap, Kulit Kepala Bayi yang Berkerak"