Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Risiko Kanker Meningkat saat Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

.

doktersehat-konsul-orangtua-konsultasi

materikuliah.my.id/#– Setiap tahun, lebih dari 8 juta orang meninggal karena kanker secara global. Meski perawatannya terus membaik, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab.

Pada dasarnya, kanker disebabkan oleh serangkaian mutasi gen yang menumpuk dari waktu ke waktu.

Kita tahu bahwa beberapa faktor dapat meningkatkan laju mutasi genetik ini terjadi, dan dengan demikian meningkatkan risiko kanker. Faktor-faktor ini termasuk merokok, minum alkohol, dan obesitas.

Namun, tidak semua faktor risiko bisa dihindari; Salah satu faktor risiko utama adalah semakin tua. Seiring bertambahnya usia kita, begitu pula risiko kanker kita. Mengapa penuaan meningkatkan risiko kanker secara signifikan? Sebuah kelompok penelitian multidisiplin baru-baru ini memberikan jawaban baru yang tidak terduga atas pertanyaan ini.

Penuaan dan risiko kanker
Karena alasan bahwa, seiring berjalannya waktu, kemungkinan mutasi meningkat. Sampai sekarang sudah menjadi penjelasan standar: semakin Anda tua, semakin banyak mutasi yang Anda miliki, dan risiko kanker lebih besar.

Sebuah studi baru-baru ini di Inggris, seperti melansir Medical News Today, mempertanyakan apakah ini adalah seluruh cerita. Hipotesis yang tim buktikan adalah bahwa risiko kanker meningkat seiring bertambahnya usia karena sistem kekebalan tubuh yang menua. Sudah diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh menjadi kurang efektif seiring bertambahnya usia, membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

Sistem kekebalan tubuh yang menua
Kelenjar timus, yang merupakan organ dari sistem kekebalan tubuh, terlibat dalam memelihara dan mengembangkan sel T (limposit T –sel darah putih), yang merupakan pemain utama dalam sistem kekebalan tubuh. Sebagian besar penurunan kekuatan sistem kekebalan tubuh dari waktu ke waktu adalah karena kemunduran timus yang stabil.

Meskipun penting di masa muda kita, timus mulai menyusut sejak usia satu tahun. Ini terbagi dalam ukuran setiap 16 tahun, dan produksi sel T sesuai. Penulis makalah baru bertanya-tanya apakah penurunan kapasitas ini mungkin berperan dalam risiko kanker.

Para peneliti mengambil data dari program Surveilans, Epidemiologi, dan National Cancer Institute’s (NCI). Secara keseluruhan, mereka termasuk 2 juta kasus kanker pada orang berusia 18-70 tahun.

Selanjutnya, tim merancang model matematis yang memprediksi bagaimana tingkat kanker akan meningkat jika dikaitkan dengan penurunan sistem kekebalan tubuh. Mereka membandingkan temuan mereka dengan data kehidupan nyata.

Para periset menemukan bahwa model mereka melengkapi data lebih ketat daripada hipotesis mutasi multi standar.

“Hipotesis imunosurveillance adalah bahwa sel-sel kanker terus-menerus timbul di dalam tubuh namun biasanya sistem kekebalan membunuh mereka sebelum tumor baru dapat terbentuk sendiri. Sel T terus-menerus memindai sel kanker dan ingin menghancurkan mereka,” Dr. Sam Palmer menjelaskan.

“Jika mereka tidak dapat menemukannya cukup cepat atau sistem kekebalan tubuh lemah, maka populasi kanker memiliki kesempatan untuk tumbuh. Kemungkinan akan meningkat seiring bertambahnya usia karena timus menyusut sepanjang waktu,” tambahnya.

Dia memberikan lebih banyak informasi tentang bagaimana model mereka bisa bekerja, dengan mengatakan, “Saya membayangkan sebuah perang antara sel T dan sel kanker –sel kankernya akan bertambah jika mereka tumbuh melampaui ambang batas tertentu.”

Periset menetapkan ambang ini untuk menurun seiring bertambahnya usia, sebanding dengan produksi sel T. Hipotesis sederhana ini ternyata bisa menjelaskan banyak data kejadian kanker.

Perbedaan jenis kelamin dalam risiko kanker
Risiko kanker terkait usia meningkat lebih tajam pada pria dibandingkan dengan wanita. Karena timus menurun lebih cepat pada pria daripada wanita, ini mungkin menjelaskan perbedaan yang oleh teori hipotesis mutasi multipel tidak dapat diperhitungkan.

Ketika perbedaan gender dieksplorasi, risiko antara pria dan wanita lebih sesuai dengan data model dibandingkan dengan teori tradisional.

Tentu saja, penelitian ini didasarkan pada model matematis dan oleh karena itu perlu direplikasi di dunia nyata.

Sebagai penulis studi senior Dr. Thea Newman mengatakan, “Ini masih sangat dini, tapi jika terbukti benar maka Anda bisa berbicara tentang cara baru untuk mengobati dan mencegah kanker.”

“Hampir semua penelitian utama tentang kanker didasarkan pada bagaimana kita dapat memahami mutasi genetik, menargetkan mereka, dan dengan demikian menyembuhkan penyakit ini,” Newman menambahkan.

“Kami tidak memperdebatkan fakta bahwa mutasi menyebabkan kanker,” lanjut Dr. Newman, “namun menanyakan apakah mutasi saja dapat menjelaskan peningkatan kejadian kanker dengan cepat pada usia ketika penuaan menyebabkan perubahan besar lainnya dalam tubuh.”

Pakar timus Prof. Clare Blackburn, di University of Edinburgh, membahas implikasi potensial di masa depan. Dia berkata, “Selain mutasi, ini menunjukkan bahwa kita juga harus berfokus pada bagaimana meningkatkan fungsi timus secara terkontrol, mungkin dengan transplantasi atau regenerasi yang dikendalikan, jadi kita dapat meningkatkan jumlah sel T yang kita buat.”

Periset juga perlu melihat apakah mungkin ada konsekuensi yang tidak diinginkan dalam melakukan ini, dan bagaimana meminimalkannya jika terjadi.

Temuan ini sangat menarik dan membuka jalan baru bagi peneliti kanker untuk mengeksplorasi. Tim peneliti biologi, fisika, dan komputer ini mungkin telah memberikan langkah awal yang penting menuju strategi pencegahan kanker baru.

Posting Komentar untuk "Risiko Kanker Meningkat saat Sistem Kekebalan Tubuh Menurun"