Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Lidah Putih pada Bayi dan Cara Mengatasinya



pijat-bayi-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Rockyjia

materikuliah.my.id– Lidah bayi setelah menyusui umumnya berwarna putih. Namun jika kondisi ini terus menetap dan tidak berangsur-angsur menghilang, maka Anda perlu waspada infeksi jamur pada lidah bayi.

Photo Credit: Flickr.com/Rockyjia

Penyebab lidah putih pada bayi

Ada dua penyebab utama lidah putih pada bayi. Pertama karena sisa ASI yang membentuk lapisan tipis berwarna putih. Kedua, karena adanya selaput infeksi jamur. Untuk membedakan keduanya, Anda bisa mencoba membersihkan lidah dengan sikat gigi khusus bayi. Jika meninggalkan bekas berwarna merah meradang, maka ini merupakan tanda infeksi jamur bernama Candida albicans.

Jamur Candida albicans merupakan jamur yang memang ada di rongga mulut dan tidak menyebabkan masalah. Namun jika pertumbuhannya terlalu cepat dapat menginfeksi selaput dalam mulut dan menyebabkan lidah bayi putih.

Pada bayi, infeksi lidah putih ini lebih sering terjadi karena daya tahan bayi masih lemah. Bayi prematur juga berisiko tinggi mengalami infeksi lidah putih. Selain karena daya tahan tubuh lemah, infeksi lidah putih juga dapat disebabkan oleh penggunaan antibiotik. Antibiotik akan membunuh bakteri baik yang ada di mulut si kecil. Bahkan ibu yang sedang menjalani pengobatan dengan antibiotik juga dapat menyebabkan terhanbatnya pertumbuhan bakteri di mulut bayi.

Kondisi ini sebenarnya bukan hal yang berbahaya bagi si kecil. Hanya saja mungkin si kecil merasa kurang enak badan sehingga enggan menyusu dan rewel.

Cara mengatasi lidah putih pada bayi

Jika pemeriksaan dokter menyatakan bahwa si kecil terkena infeksi jamur, maka dokter biasanya akan meresepkan obat anti jamur berupa obat oles atau obat tetes. Biasanya bercak putih di lidah anak akan menghilang dalam waktu beberapa hari hingga 1 minggu. Jika dalam 1 minggu bercak tidak kunjung menghilang, maka Anda sebaiknya kembali memeriksakan si kecil ke dokter.

Mencegah infeksi jamur pada rongga mulut bayi

Untuk mencegah anak terkena infeksi jamur yang menyebabkan lidah putih, Anda dapat menjaga kebersihan tubuh si kecil dengan membersihkan puting sebelum dan setelah menyusu, lalu keringkan dengan baik. Selain itu jangan lupa bersihkan mainan, botol susu, dot dan peralatan makan anak-anak dengan baik.

Posting Komentar untuk "Penyebab Lidah Putih pada Bayi dan Cara Mengatasinya"