3 Cara Aman Backup VDI/VHD UAMBNBK dan UNBK

Jangan lupa membaca artikel tentang materi pelajaran dan kuliah di di > Informasi bisnis terbaik 2020.

3 Cara Aman Backup VDI/VHD UAMBNBK dan UNBK. Assalamu'alakum Sahabat Guru Jugan, saat ini sudah menjadi hari-hari yang paling sibuk untuk para proktor dan teknisi, karena kegiatan ujian sekolah/madrasah terus silih berganti, dari simulasi UAM, UN, USBN dan ujian-ujian yang lainnya.

Ada hal penting yang kadang proktor dan teknisi lupakan, yaitu MEM-BACKUP VDI UAMBN ataupun VHD UNBK yang sudah singkron Ke hardisk Eksternal/Flashdisk atau juga bisa memanfaatkan HARDISK komputer CLIENT untuk menyimpan backup-an tersebut.



Pada kesempatan kali ini saya akan men-share 3 cara BACKUP VDI - VHD yang sudah singkron di drive lain, tentunya dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Lets Goo..

Berikut Ketiga Cara Backup-nya :

1. COPY PASTE

Sahabat pada cara pertama ini sangat simpel dan hanya perlu tekan tombol Ctrl+C kemudian letakkan / klik di drive mana sahabat Guru Jugan yang akan menyimpan hasil copyan tersebut, Ctrl+V. SELESAI..

Tapi konsekuensi dari cara ini file VDI/VHD agak rentan terkena virus, jika terkena virus ya sama saja seperti tidak membackup.


2. RAR/ZIP

Cara yang kedua sama mudahnya dengan cara pertama, tidak susah alias mudah, yang "sulit" itu kalau tidak dikerjakan karena males.. hehehe nantinya sulit sendiri ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti komputer tiba-tiba males hidup atau tiba-tiba blank dan tidak mau dihidupkan kembali.

Cara ini hanya Klik kanan File kemudian Add To Archive.. tinggal di rar atau di zip saja, letakkan di drive mana sahabat Guru Jugan yang akan menyimpan. Misal akan diletakkan HD Eksternal / Flashdisk atau tinggal kirim saja ke komputer client.

Teknik Backup ini insyaAllah lebih aman dari cara yang pertama karena lebih safety dari serangan virus yang tidak bertanggung jawab.


Baca Juga Artikel Terkait :


3. CLONING

Cara ketiga agak sedikit ekstrim.. hehe bahasanya agak dibuat lebih mencolok denga kata "ekstrim", karena cara ini ada pengecualian, lebih baik cara ini tidak digunakan untuk membackup VHD UNBK. Cara ini hanya disarankan untuk UAMBNBK, UAMBD & USBN saja.

Langkah-langkah mencloning VDI Adalah sebagai berikut :

1. Jalankan Oracle Virtualbox
2. Klik Kanan Cari menu Clone..
3. Beri Nama New Machine-nya dengan nama sesuai keinginan, klik Next
4. Pilih Full Done kemudian klik Tombol Clone.
5. Tunggu sampai Cloning selesai.
6.  Backup selesai..

Untuk tahapan lanjutan dari cara Cloning ini silahkan cek di Versi Videonya.  klik tauatan berikut ini :

CARA BACKUP VDI UAMBNBK DENGAN CLONING

Demikian informasi 3 Cara Aman Backup VDI/VHD UAMBNBK dan UNBK, semoga bermanfaat kita semu dan jangan lupa sahabat proktor dan teknisi untuk selalu membackup APAPUN yang berhubungan dengan UAMBN-BK / UNBK. Selamat mencoba.

Sumber https://www.gurujugan.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.