Cara Membuat Formulir Menggunakan Google Form

Budi merupakan siswa dari jurusan teknik mesin tingkat XI yang menjadi ketua OSIS di sekolahnya. Budi merencanakan study tour saat libur akhir semester. Budi bersama tim telah bersosialisasi di setiap kelas, meminta siswa yang berkeinginan mengikuti program study tour untuk mengisi biodata.

Waktunya paling lambat seminggu sejak diumumkannya rencana tersebut. Teknik pengumpulan data 

Studi Kasus

seperti apa yang sebaiknya harus dilakukan Budi dan kawan-kawannya? Apakah menggunakan kertas kuesioner atau mendatangi satu per satu? 

Tentunya hal tersebut cukup merepotkan dan tidak efektif. Anda dapat memanfaatkan teknologi share dan kolaborasi data dengan Google Drive. Selanjutnya, bagaimanakah memperoleh data siswa yang akan ikut serta dalam study tour tersebut? Anda dapat menggunakan fitur Google Form, kemudian di-share. 

Google Form adalah sebuah form yang berisi petunjuk dan kolom-kolom isian, guna melengkapi detail informasi data tertentu secara online. Ide awalnya adalah mengganti model formulir kertas secara digital untuk mempermudah pengisian dan memperoleh informasi secepatnya menggunakan media internet. 

Bagaimana cara membuat Formulir dengan Google Form ?

Untuk membuat google form Baca dan praktikkan petunjuk berikut.
  • Sebagai catatan, jika Anda masih aktif dalam akun Gmail, serta dapat mengakses Google Drive. Anda cukup membuat file baru dengan tipe Google Formulir. Setelah itu, akan tampil tab baru dalam web browser yang mengarah pada konfigurasi awal pembuatan Formulir kemudian anda bisa langsung membuat form
  • Namun, jika Anda sudah logout atau tidak aktif dalam halaman akun Gmail, buka alamat situs https://www.google.com/forms/about/

Cara Membuat Formulir Menggunakan Google Form

Halaman awal Google Form

  • Login dengan akun gmail anda lalu masukan password anda.
  • Klik Buka Google Formulir maka anda akan diarahkan kedalam halaman untuk pembuatan formulir dan telah disediakan beberapa template ataupun anda dapat memilih template yang masih kosong (blank template) dengan menekan tombol + (Plus) berikut adalah tampilannya : 

Cara Membuat Formulir Menggunakan Google Form

  • Setelah ditekan tombol + (Plus) akan muncul gambar formulir baru yang masih kosong dan siap untuk kita buat :
  • Ubah bagian dalam formulir sebagai berikut :
  • Judul : Formulir Pengisian Biodata
  • Deskripsi : Isi data anda dengan Benar.
  • Kemudian tambahkan beberapa kolom untuk mengisi identitas seperti NIS,Nama, Alamat dan Kelas.
Sehingga tampilan nya menjadi seperti berikut :
Cara Membuat Formulir Menggunakan Google Form

Sebagai catatan ada dapat memilih jenis input jawaban yang diinginkan, dengan memilih short answer jika ingin menambahkan inputan anda dapat menekan tombol icon plus disamping sebelah kanan.

  • Untuk membagikan tautan anda dapat menekan tombol kirim (Send) pada pojok kanan atas setelah itu anda dapat memasukan email yang dituju ataupun degan menyalin link google form dan tinggal anda bagikan saja kepada peserta. perhatikan gambar berikut :

Cara Membuat Formulir Menggunakan Google Form

  • Jika anda ingin meringkas url agar tidak terlalu panjang anda juga dapat menceklis pada bagian Shorten URL, setelah itu tinggal Copy dan Bagikan.
Sekian Cara Membuat Formulir Menggunakan Google Form semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar