Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti dan Psikologi Warna Kuning Dalam Kehidupan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Arti dan Psikologi Warna Kuning - Assalamualaikum. salam sobatku semua, kali ini saya akan membahas semua tentang warna kuning. mulai dari pengertia warna kuning, arti warna kuning, psikologi, penggunaan warna kuning dijaman sekarang maupun dalam kebudayaan terdahulu. karena warna kuning terlalu sering kita lihat setiap harinya, maka dari itu kita juga harus tahu mengapa warna ini ada dan kenapa banyak yang menggunakannya.

Warna kuning memang termasuk warna yang paling sering kita lihat sehari-hari. mulai dari lampu jalan, tanda garis polisi, kendaraan proyek seperti hexa, truk, dll semuanya berwarna kuning. mengapa ? jika sobat penasaran. langsung lihat jawabannya dibawah.

Baiklah, kita mulai dari definisi warna kuning.

Apa Itu Warna Kuning ?

warna primer subtraktif setelah magenta dan cyan. warna kuning merupakan yang paling bercahaya dari warna spektrum lainnya. itulah yang membuat kita lebih tertarik padanya. Warna kuning memiliki panjang gelombang 565-590 nm ( nanometer ).
 kali ini saya akan membahas semua tentang warna kuning  Arti dan Psikologi Warna Kuning Dalam Kehidupan
Warna Kuning
Koordinat Warna 

Untuk mendapatkan warna kuning yang standar maka kita memerlukan kode warna atau koordinatnya. berikut kode warna kuning:
  • Triplet Hex = #FFFF00
  • sRGBB (r, g, b) = (255, 255, 0)
  • CMYKH (c, m, y, k) = (0, 0, 100, 0)
Perlu sobat ketahui, bahwa kuning tua itu sebenarnya tidak ada. mengapa ?

Karena warna kuning sangat bereaksi buruk terhadap hitam. jika kalian tambahkan hitam kedalam kuning maka hasilnya jadi buruk atau sakit-sakitan. coba lihat contoh dibwah.
 kali ini saya akan membahas semua tentang warna kuning  Arti dan Psikologi Warna Kuning Dalam Kehidupan
kuning campur hitam menjadi buruk

Jadi warna kuning memang cocoknya dijadikan lebih muda (warna pastel) supaya semakin bercahaya atau dipadukan dengan warna lainnya. karena kalau sudah gelap, nilainya akan kurang. yang awalnya dilambangkan sebagai cahaya langsung jatuh jadi tanda tanya
Lengkap - Arti Warna Menurut Kepribadian

Psikologi Warna Kuning

Dalam psikologi warna, warna kuning dapat memberikan kebahagiaan, keceriaan, kesenangan, menawarkan harapan. serta diartikan sebagai bentuk kegembiraan dan menyinari.

Warna kuning adalah warna terbaik untuk menciptakan semangat hidup dan dapat membangkitkan optimisme dan juga membangkitkan kepercayaan diri yang lebih besar.

Dalam arti warna, Kuning merupakan warna jurnalis dan networker. dimana kuning adalah komunikator hebat dan suka berbicara. kuning adalah ilmuan, selalu menganalisa, melihat masalah sebelum mengambil keputusan dan metodis.

Kuning juga memiliki arti penghibur, komik serta badut. pasti banyak badut yang pakai warna kuning kan.

Kuning dapat membantu dalam pengambilan keputusan, karena berkaitan dengan gagasan dan kejernihan pemikira, meski kadang bersifat impulsif. kuning dapat membantu kita fokus dalam belajar dan mengingat sesuatu. sangat berguna pada waktu ujian.

Warna kuning bisa jadi kegelisahan karena terlalu cepat bergerak dan mengambil keputusan sehingga merasa gelisah.

Kuning tidaklah emosional, asalnya bukan dari hati melainkan dari kepala.kuning tergantung pada dirinya sendiri, lebih memilih untuk tidak terlibat secara emosional.

Arti Warna Kuning Di Dunia

Kesamaan arti warna kuning disetiap kebudayaan dunia
  • Hampir setiap kebudayaan, warna kuning mengartikan sinar matahari, kehangatan dan kebahagiaan.
  • Kuning merupakan warna yang paling sering dikaitkan dengan keTuhanan dibeberapa agama, seperti Hinduisme dan Mesir kuno.
  • Kuning adalah salah satu warna dari rambu lalu yang memiliki arti hati-hati ketika berkendara. biasanya lampu kuning menyala seterusnya ketika sudah tengah malam sampai pagi.
Arti Warna Kuning dalam berbagai budaya
  • Di Negara Jepang, kuning sering mewakili keberanian.
  • Di Cina, film dewasa diberi nama Yelllo Film atau Film Kuning. jadi kalau lihat deretan film cina yang memiliki tanda "yellow film" itu berarti khusus untuk dewasa.
  • Kalau Di Meksiko, warna kuning terkait dengan kematian dibeberapa daerah disana.
  • Warna kuning dipakai untuk tanda penghianatan pada seseorang ketika ingin di hukum mati.
  • Digunakan sebagai label untuk orang Yahudi di abad pertengahan.orang Yahudi di paksa memakai warna kuning selama era penuntutan Nazi.

Kepribadian Warna Kuning

Jika warna favorit sobat adalah warna kuning, maka itu akan mencerminkan kepribadian kalian masing-masing. silahkan lihat dan baca kemudian temukan diro sobat dalam deksripsi warna kuning dibawah:
  • Kamu kreatif dan sering menjadi orang yang menemukan gagasan baru. mempunyai pemikiran yang imajinatif
  • Dengan warna kepribadian kuning, sobat bisa sangat kritis terhadap diri sendiri dan juga orang lain. kata lainnya adalah perfeksionis.
  • Menganalisa semua yang ada, setiap saat, metodis dalam berpikir.
  • Dapat membuat keputusan dengan cepat karena kegelisahan, melangkah lebih cepat, terburu-buru.
  • Lebih mengutamakan pemikiran dari pada energi fisik.
  • Cenderung menyembunyikan rasa emosi, memasang wajah berani, bahagia walaupun dalam hati sedang mengalami kesengsaraan.
  • Spontan, dapat berpikir secara cepat dan membuat keputusan instan
  • Memiliki pandangan modenr, teknologi baru tidak menjadi masalah pada pemikiran sobat.
  • Meski mudah menghasilkan uang, namun mengeluarkannya juga sangat mudah.
  • Bisa dan suka menipu,serta keras kepala. kalau diambil dari perspektif negatifnya
  • Bisa menjadi sok dan sombong

Pengaruh Warna Kuning Terhadap Visi

Warna kuning merupakan warna yang memiliki nilai reflekstansi cahaya tinggi, oleh karena itu berfungsi sebagai sumber cahaya sekunder. menggunakan warna kuning terang secara berlebihan bisa membuat mata iritasi, misalnya pada cat dinding rumah.

Proses mata manusia atau ketika kita memandang, maka kuning duluan yang terlihat. itulah mengapa warna kuning dipakai sebagai simbol hati-hati dalam lalu lintas.

Teori Yang Salah | kita sering mendengar bahwa bayi akan sering menagis jika ditempatkan pada ruangan banyak kuning nya. atau kuning bisa mengakibatkan diare. serta ada juga teori mengatakan bahwa kalau dapur warna kuning, suami istri akan lebih mudah bertengkar disitu. semuanya salah. jadi jangan terlalu di jadikan patokan. ambil nilai positifnya.
   Bagaimana sobat ? sampai disini apakah kalian sudah memahami sampai dimana pengaruh warna kuning dalam kehidupan sehari-hari kan. jadi warna kuning itu termasuk warna penting di dunia, karena berpengeruh besar pada aktivitas kita setiap harinya. 

Sekian dulu artikel tetang Arti dan Pskologi warna kuning dalam kehidupan shari-hari. semoga dapat menambah wawasan kalian semua. terima kasih. Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel pemrograman Komputer.

Posting Komentar untuk "Arti dan Psikologi Warna Kuning Dalam Kehidupan"