Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi Soal US IPA SD/MI 2017

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US/UN) SD/MI 2017 Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tahun Pelajaran 2016/2017 terdiri dari 59 indikator sebagai berikut:
I. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
A. Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan
Indikator:
1. Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu.
2. Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut.
3. Menentukan dasar pengelompokan hewan.
4. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
5. Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
 Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan Kisi-Kisi Soal US IPA SD/MI 2017

B. Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
6. Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu.
7. Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap.
8. Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar.
9. Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat.
10. Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis).
11. Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan.

C. Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup
12. Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan berdasarkan ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan.
13. Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu.
14. Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya.
15. Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
16. Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
17. Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.

D. Pelestarian lingkungan
18. Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu berdasarkan kasus di suatu daerah.
19. Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah.
20. Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan.
21. Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, atau banjir berdasarkan kasus yang disajikan.

II. STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP

E. Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
22. Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan.
23. Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia.

F. Daur hidup beberapa hewan
24. Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram.
25. Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi.

G. Rangka manusia
26. Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
27. Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
28. Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar.

H. Sistem organ pada manusia
29. Mengidentifikasi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem organ sesuai dengan fungsinya.
30. Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu

III. BENDA DAN SIFATNYA

I. Sifat benda
31. Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel

J. Perubahan benda
32. Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi.
33. Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan)

IV. ENERGI DAN PERUBAHANNYA

K. Gaya dan gerak
34. Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar.
35. Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda

L. Bentuk energi dan perubahannya
36. Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar.
37. Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
38. Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
39. Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi

M. Suhu dan kalor
40. Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
41. Menunjukkan bagian alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator berdasarkan gambar
42. Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
43. Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari

N. Bunyi dan cahaya
44. Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung.
45. Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
46. Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar.
47. Menjelaskan sifat cahaya berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/ gambar

O. Listrik dan magnet
48. Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
49. Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar

V. BUMI DAN ALAM SEMESTA

P. Sumber daya alam
50. Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar.
51. Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui.
52. Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan

Q. Daur air
53. Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar.
54. Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air

R. Sistem tata surya
55. Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari.
56. Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
57. Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
58. Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya.
59. Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah

Bagi Anda yang belum memiliki kisi-kisi tersebut, Anda bisa mengunduh file kisi-kisi soal US SD/MI 2017, silakan cek Kisi-Kisi Soal US/UN SD/MI/SDLB/Paket A Tahun Pelajaran 2016/2017 Mapel IPA, Bahasa Indonesia, dan Matematika.

Demikian tentang Kisi-Kisi US SD/MI 2017 IPA. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.websitependidikan.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel pemrograman Komputer.

Posting Komentar untuk "Kisi-Kisi Soal US IPA SD/MI 2017"