Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Render, Rendering Dan Contohnya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pengertian Rendering dan Contohnya - Assalamualaikum. pertemuan kali ini saya akan coba membahas tentang apa itu render, sampai dimana peran rendering dalam dunia desain 2d, 3d, animasi dan video. pasti diantara kalian sudah sering mendengar dan melihat istilah Rendering. kalau penasaran, silahkan lanjutkan membacanya.

Apa Itu Rendering ?


Rendering adalah proses membangun sebuah gambar dari model dengan menggunakan aplikasi pada komputer. bahasa sederhananya adalah proses membuat gambar hasil akhir dari sebuah desain mentah yang masih terpisah, masih belum bersih, tidak menentu dan lain-lain. jadi dengan rendering, kita bisa mengetahui seperti apa hasil akhir dari sebual model atau desain yang sudah di buat.

Istilah Render atau Rendering, bisa ditemukan pada aplikasi edit video, aplikasi 3D, aplikasi edit suara dan lagu, sampai dengan aplikasi 2 dimensi.

Contohnya ketika menggunakan program 3D Sketchup, ketika masih dalam pembuatan model (modelling) rumah, tampaknya masih kelihatan seperti kartun dan efek-efeknya belum terlihat, misalnya ingin membuat kursi kelihatan mengkilap dll. setelah dirasa sudah baik, barulah dilakukan perenderan menggunakan aplikasi vray ataupun aplikasi rendering lainnya. 

Terus apa itu Render ?. sebenarnya ini kata dasar dari pada rendering. jadi artinta sebenarnya sama, namun rendering sudah menjadi kata kerja, sehingga bentuknya adalah proses. 

Contoh Rendering 3d dan Animasi

Supaya lebih faham lagi, mari kita lihat beberapa contoh proses render pada objek 2D dan 3D menggunakan aplikasinya masing-masing.

Gambar dibawah adalah model interior rumah sebelum di render dan sesudah di render. terlihat jelas perbedaanya bahwa hasil rendering akan lebih baik dan terlihat realistik. inilah proses yang harus dilalui seorang desainer Interior ketika membuat desain interior. hasil akhir dari rendering ini jenisnya Gambar jpeg atau raster.
 pertemuan kali ini saya akan coba membahas tentang apa itu render Pengertian Render, Rendering Dan Contohnya

Selain itu kita juga harus mengetahui, bahwa proses rendering merupakan titik akhir dari sebuah hasil desain. jadi ada tahap yang harus dilalui sebelum mulai proses rendering. misalnya pembuatan Film Hollywoog "The Great and Powerfull" dibawah ini. pembuatan scene ini menggunakan aplikasi Adobe After Effect.
 pertemuan kali ini saya akan coba membahas tentang apa itu render Pengertian Render, Rendering Dan Contohnya
https://ecgadget.com/
Awalnya model berada didalam ruangan polos yang kemudian hasil rekamannya di edit pada After Effect. ditambahkan efek air seolah berada di arus sungai. jika proses pengeditan selesai maka tibalah waktunya untuk Rendering semua perpaduan tersebut. dah hasilnya adalah sebuah video yang terlihat realistik.

Contoh Rendering Lagu / Suara

Salah satu aplikasi pembuat lagu yang terkenal adalah Flstudio. didalam aplikasi ini banyak terdapat efek-efek suara yang bisa dipadukan dengan rekaman suara kita. misalnya suara angin, rintik hujan, suara drum, efek gitar, bass dan lain-lain.

Sebelum sebuah lagu diterbitkan, maka ada proses pembuatannya dulu. mulai dari recording sampai dengan pengeditan. 

Gambar dibawah menjelaskan tentang bagian-bagian yang terdapat dalam satu lagu, seperti suara vokalis, gitaris, drummer, bassis hingga suara tambahan lainnya. semua bagian itu akan di Render sehingga menjadi sebuah lagu yang enak didengar, dan siap dirilis.
Proses render lagu

Spesifikasi Komputer Untuk Rendering

Dalam dunia rendering kita pasti menggunakan perangkat komputer. namun tidak semua komputer dapat bekerja maksimal ketika melakukan perenderan objek. ada beberapa bagian dari komputer yang harus memiliki spesifikasi tertentu, agar bisa merender dengan baik.

Perlu sobat ketahui, kalau proses rendering itu memakan waktu. jadi jika spesifikasi komputer dibawah standar, maka waktu yang digunakan akan lama dan mungkin sangat lama. saya pernah merender video di aplikasi Lumion. lamanya adalah 8 Jam, itupun sudah pakai komputer Core i7, dan durasi video tersebut cuma 4 menit.

Jadi semakin tinggi kualitas komputer kita, maka akan semakin cepat prose rendering itu selesai. berikut beberapa unsur penting yang harus dipertimbangkan:

1. Processor 

Processor adalah bagian yang paling penting pada pc/laptop. mengapa ? karena barang inilah yang sepenuhnya bekerja ketika prose render berjalan, selebihnya dibantu oleh RAM dan GPU. 

Terus apa yang menentukan processor itu baik untuk rendering ? 

Jumlah Core atau inti processor, semakin banyak core pada sprocessor maka akan semakin cepat komputer menyelesaikan proses rendering. misalnya laptop dual core memiliki kecepatan 3.5 GHz masih dikalahkan dengan laptop Quad Core  dengan kecepatan 2.0 GHz. semua itu karena, Quad core memiliki 4 core sedangkan Dual Core punya 2 core.

2. Memory & RAM

RAM memang sangat penting dalam segala hal, ketika kita menggunakan komputer. dalam dunia rendering, jumlah memory dan RAM sangat berperan penting. semakin tinggi kapasitas memory maka akan mempengaruhi transfer ratenya.  kebanyakan aplikasi 3d maupun 2d membutuhkan RAM yang besar, apalagi kalau file desainnya sangat besar.

Ketahanan RAM juga sangat penting,karena ketika mengolah grafis pada aplikasi, RAM akan berkejar aktif dari pada kita bermain game. Anjuran saya, gunakan kapasitas RAM antara 6 sampai 16 Gigabytes. diutamakan memakai slot dual channel (4=2x2) (8=4x4) (16=8x8) (32=16x16).

3. Motherboard & Kipas

Motherboard sebenarnya hanya komponen pendukung, namun ketika proses rendering dimulai maka processor akan bekerja maksimal dan menimbulkan panas sampai 90-an derajat Celcius. agar motherboard tidak panas, maka suhu komputer harus selalu diberikan angin agar tetap dingin. itulah mengapa banyak pc rakitan yang sangat memperhatikan kipas mereka.

Pilihlah jenis chipset kelas performance, karena mampu bertahan proses dalam kapasitas data yang besar.

4. VGA

Peran VGS pada komputer adalah untuk memproses bentuk 3 dimensi pada komputer. VGA akan menerjemahkan sinyal digital dari komputer de layar monitor. sehingga komputer yang menggunakan VGA tinggi, pasti tampilannya akan lebih baik dilihat dari pada sebaliknya. tidak ada pengaruh pada proses rendering dengan VGA yang digunakan. namun, untuk pengolahan yang lebih baik gunakanlah VGA berkualitas. misalnya NVidia, ATi, S3 dan lain-lain.

    Nah, itulah penjelasan singkat mengenai Rendering dalam dunia desain 3D dan 2D. semoga bisa menambah ilmu kalian semua. terima kasih - Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel pemrograman Komputer.

Posting Komentar untuk "Pengertian Render, Rendering Dan Contohnya"