Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Mengerjakan Dapodik Semester Genap 2015/2016

Cara Cepat Mengerjakan Dapodik Semester Genap 2015/2016 | Semester II atau semester genap merupakan waktu sibuk bagi para operator sekolah. Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, diantaranya adalah melengkapi administrasi guru dan sekolah semester II dan yang sangat penting adalah mengupdate data dapodik semester II.

Dapodik semester II 2015/2016 bisa dikerjakan dengan cepat, yaitu dengan menggunakan action menu. Bagaimana selengkapnya? Berikut adalah cara cepat mengerjakan dapodik semester genap 2015/2016.

Sebelumnya pastikan anda sudah menginstal dapodik 4.1.0 untuk bisa mengerjakan dapodik semester genap.

Baca : Panduan Instal Dapodik Semester 4.1.0

Panduan Mengerjakan Dapodik Semester Genap

Selanjutnya silakan login pada dapodik anda.
Cara Cepat Mengerjakan Dapodik Semester Genap  Cara Cepat Mengerjakan Dapodik Semester Genap 2015/2016

Anda bisa memulai mengerjakan dapodik dari menu data periodi sekolah. Silakan masuk pada menu sekolah, kemudian masuk sub menu Data Periodik Sekolah, Sanitasi, Blocgrant, Akreditasi, Program Inklusi dan Program Khusus. Isi halaman ini dengan data yang sesuai dengan keadaan sekolah anda. Di sini harus diiisi secara manual.
Cara Cepat Mengerjakan Dapodik Semester Genap  Cara Cepat Mengerjakan Dapodik Semester Genap 2015/2016
 
Selanjutnya mengerjakan data sarpras. Untuk memeprcepat pengerjaannya silakan gunakan Action Menu kemudian klik Lanjutkan Data Periodik. Jika anda perubahan (penambahan/pengurangan) barang silakan inputkan lagi.

Selanjutnya kerjakan data peserta didik. Sama, untuk mempercepat pengerjaan silakan gunakan Action Menu, kemudian klik Lanjutkan Data Periodik PD.

Penting dan kerjakan dengan teliti. Inilah data  PTK yang nantinya berkaitan erat dengan berbagai tunjangan. Silakan masuk menu PTK, kemudian klik menu Penugasan. Pastikan sudah aktif sampai pada bulan Juni, kecuali bagi PTK yang akan pensiun sebelum Juni.

Selanjutkan kerjakan menu rombongan belajar. Untuk mempercepat pengerjaan, gunakan Action Menu kemudian klik Lanjutkan Semester. Masukkan semua kelas yang ada. 

Setelah selesai kerjakan pembelajaran. Kerjakan dengan hati-hati, karena dari sinilah akan dihitung jam mengajar setiap guru yang akan berpengaruh pada berbagai tunjangan guru. 

Nah itulah cara cepat mengerjakan dapodik semester genap 2015/2016. Semoga bisa membantu anda para operator, terutama para operator yang masih baru mungkin akan mengalami sedikti kebingungan, semoga dengan panduan ini kebingungan anda sedikit berkurang.

Video Panduan Dapodik Semester Genap

Untuk memperjelas panduan ini, silakan anda lihat video panduannya.

Sumber http://mangwaskim.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Mengerjakan Dapodik Semester Genap 2015/2016"