Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Custom Domain (Blogspot) di IDwebhost



Cara custom domain di IDwebhost,- Melanjutkan postingan saya sebelumnya mengenai cara membeli domain TLD di IDwebhost, kalai ini seseuai janji saya akan memberikan tutorial lanjutan yakni cara custom domain di blogger dari member area IDwebhost. Tutorial ini hanya berlaku bagi anda yang sudah membeli domain di IDwebhost dan domainnya harus sudah berkeadaan aktif. Jika belum berarti domain anda belum terbayar serta belum terkonfirmasi. untuk itu silahkan baca postingan saya sebelumnya mengenai cara membeli domain di IDwebhost beserta cara konfirmasi.

Bagi anda yang sudah mempunyai sebuah blog di blogger, jika ingin menekuni blog tersebut membelikan sebuah domain adalah salah satu contoh cara suksesnya. Karena dengan membelikan sebuah domain akan berdampak sangat besar bagi kesuksesan sebuah blog, salah satu contoh diantaranya jika di blog anda memiliki pengunjung sepi, membelikan domain akan meningkatkan trafik dan pengunjung di blog anda. Alasanya karena mesin pencarian akan lebih mengutamakan sebuah domain yang berbayar ketimbang domain gratisan semisal blogspot, Terlebih lagi dengan mempunyai sebuah domain TLD semisal (.com, .net, .org) akan membuat blog kita terlihat profesional dan lebih dipercaya oleh pengunjung.

Nah untuk membeli domain banyak sekali tempatnya, salah satunya adalah IDwebhost, disana harga domain cukup terjangkau atau bisa dibilang cukup murah ketimbang di tempat lain. Untuk cara custom domain di IDwebhost caranya cukup mudah, karena disina kita hanya tinggal mensetting DNS beserta nameserver, tunggu beberapa jam dan domain baru sudah bisa dipanggil. Nah untuk cara sutom domainnya bisa dilihat dibawah ini.

Cara Custom Domain di IDwebhost Lengkap


Sebelum melakukan tutorial ini, syarat utama yang harus dipenuhi adalah domain anda sudah harus aktif, jika belum silahkan tuntaskan dulu pembayaran beserta konfirmasi. Namun jika sudah aktif bisa langsung diikuti tutorial dibawah ini.

1. Pertama silahkan login ke Blogger, kemudian masuk ke menu setelan - dasar.
2. Setelah itu klik tulisan "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda" untuk menambahkan domain baru.


3. Selanjutnya masukkan domain yang sudah anda beli, jangan lupa tambahkan ekstensi "www" di depannya. Jika sudah klik simpan, maka akan muncul peringatan error, jangan khawatir karena peringatan ini wajar jika ingin custom domain, lalu dibawahnya anda akan mendapatkan dua CNAME.


Note: CNAME tersebut nantinya akan digunakan saat proses pengaturan di member area IDwebhost.

4. Selanjutnya silahkan login dan masuk ke member area klien IDwebhost, kemudian klik "Kelola Domain" pada domain yang sudah aktif.


5. Berikutnya silakan masuk ke menu nameserver, lalu ganti atau isi nameserver 1 dan nameserver 2 dengan (ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost.id). Jika sudah klik "Ubah nameservers"


Note: Setiap ekstensi domain berbeda-beda untuk pengaturan nameserver, untuk itu silahkan baca nameserver manage DNS idwebhost

6. Jika sudah kemudian masuk ke menu Alat pengelolaan, lalu klik "Kelola DNS".


7. Pada tahap ini silahkan masukkan 4 IP blogspot berikut satu persatu ke pengaturan DNS.

    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21


    Penjelasan:
    • Nama Host: Silahkan masukkan @ (nantinya akan berubah menjadi domain itu sendiri)
    • Jenis Record: Silahkan pilih A (Address).
    • Alamat: Masukkan IP diatas (216.239.32.21)
    • Priority: Silahkan dikosongi.

    Jika sudah tinggal klik "Simpan Perubahan", maka akan muncul lagi kolom dibawahnya. Silahkan isikan tiga IP lainnya dan masih dengan cara yang sama. Maka hasil akhirnya seperti dibawah ini, ada 4 IP tersimpan.


    8. Langkah selanjutnya adalah memasukkan CNAME yang di dapat di blogger (seperti langkah no.3). Untuk caranya disini sama saja seperti memasukkan IP, namun yang diubah hanya bagian A (Address) diubah menjadi CNAME (Alias). Untuk hasilya bisa dilihat seperti dibawah ini.


    9. Setelah seluruh pengaturan diatas sudah anda lakukan dengan benar, tinggal tunggu propagasi perubahan DNS selama 6-8 jam setelah penyetingan dilakukan.

    10. Jika sudah tinggal masuk lagi ke langkah 1-3, lalu klik "Simpan", dan domain anda yang lama sudah tergantikan.

    Nah itulah cara mudah custom domain di blogger dengan member area IDwebhost, jika anda kesulitan atau manemui masalah bisa ditanyakan langsung ke customer service di IDwebhost. Demikian artikel tutorial blog yang dapat saya bagikan dan terima kasih.


    Sumber https://www.blogespada.net/

    Posting Komentar untuk "Cara Custom Domain (Blogspot) di IDwebhost"