Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Flu pada Anak – Pengertian

Flu-pada-Anak-doktersehat

Flu atau influenza adalah infeksi akut yang disebabkan oleh salah satu dari tiga jenis virus influenza (A, B, atau C). Strain tipe A merupakan bentuk penyakit influenza yang paling parah. Banyak orang bingung membedakan influenza dengan ISPA.

Influenza dan ISPA adalah dua hal yang berbeda. ISPA dapat disebabkan oleh berbagai virus yang menginfeksi sistem pernapasan bagian atas (hidung, mulut, dan tenggorokan). Sementara, flu disebabkan oleh virus influenza dan bisa lebih berbahaya dari ISPA–terutama untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Influenza adalah infeksi akut pada saluran napas di hidung dan tenggorokan, kadang-kadang dapat menyebar ke paru-paru. Flu pada orang dewasa sering menjadi penyebab penyakit pernapasan akut. Flu dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia. Anak-anak adalah salah satu kelompok yang paling berisiko untuk terkena flu dan komplikasi.

Selain itu, virus yang menyebabkan flu berbeda dengan yang menyebabkan gastroenteritis (sering disebut sebagai flu perut), yang memiliki gejala seperti mual, muntah, dan diare. Influenza biasanya menyebar secara lokal dari orang ke orang selama musim flu. Untuk diketahui, peningkatan tajam kasus flu biasanya dimulai pada pergantian musim hujan dan kemarau.

Pada beberapa kasus, kadang-kadang strain yang sangat berbeda muncul dan menyebar dengan cepat. Hal ini dikenal sebagai pandemi flu. Misalnya, pada tahun 2009, strain tipe baru yang disebut H1N1 muncul. Karena hanya ada sedikit kekebalan pada populasi manusia untuk strain H1N1, strain flu ini memiliki kemampuan untuk menyebar dengan mudah dari orang ke orang di seluruh dunia.

 

Flu pada Anak – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6


Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Flu pada Anak – Pengertian"