Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi KSM 2019 Untuk MA MTs MI Format PDF

Kisi-Kisi KSM 2019 | KSM merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Direktur Jendral Pendidikan Islam untuk madrasah tingkat MI MTs dan MA. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada madrasah pada umumnya dan bidang sains/pengetahuan pada khususnya. Antusias satuan pendidikan dalam kompetisi sains madrasah dapat dibilang sangat besar karena untuk menggali potensi peserta didik secara kemampuan dan kompetensi selama berada pada jenjang pendidikan.
 KSM merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Direktur Jendral Pendidikan Isla Kisi-Kisi KSM 2019 Untuk MA MTs MI Format PDF
Kisi-Kisi KSM 2019
Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai kisi-kisi KSM 2019 atau bisa juga disebut daftar materi kompetisi sains madrasah, yang nantinya dapat Bapak/Ibu terapkan untuk mempersiapkan siswa dalam mengikuti KSM. Materi yang akan diperlombakan KSM sudah menjadi satu kesatuan dengan ilmu pendidikan keislaman diantaranya meliputi:
  1. Materi sains yang menggali konsep-konsep pengetahuan. 
  2. Materi sains terapan materinya ada dalam Islam contonya  zakat, falak, dan tema lainnya, hal  ini dimaksudkan agar peserta didik tetap memahmi konsep keIslaman yang holistic.
  3. Mater keilmuan pengetahuan murni, ini dilakukan dengan tujuan mensetarakan siswa-siswi madrasah dengan siswa-siswi kegiatan olimpiade sains di luar sana.
Bidang Kompetisi
  • Madrasah Ibtidaiyah : Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi.
  • Madrasah Tsanawiyah : Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi.
  • Madrasah Aliyah : Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi.
Tahapan Pelaksanaan KSM
  • KSM Satuan Pendidikan
KSM Satuan Pendidikan merupakan tahapan awal seleksi KSM di tingkat satuan pendidikan Madrasah/Sekolah dimaksudkan untuk menentukan siswa terbaik mewakili masing-masing satuan
pendidikan madrasah/sekolah yang dikirim untuk mengikuti KSM Kabupaten/Kota.
  • KSM Kabupaten/Kota
KSM Kabupaten/Kota merupakan tahapan seleksi KSM di tingkat Kabupaten/Kota dimaksudkan untuk menyeleksi peserta didik terbaik per bidang studi yang mewakili setiap Kabupaten/Kota untuk mengikuti tahapan KSM Provinsi.
  • KSM Provinsi
KSM Provinsi merupakan tahapan seleksi KSM di tingkat Provinsi untuk menjaring siswa terbaik per bidang mata pelajaran KSM yang akan mewakili setiap Provinsi untuk mengikuti KSM Nasional.
  • KSM Nasional
KSM Nasional merupakan puncak tahapan seleksi kompetisi sains madrasah pada tingkat nasional yang dimulai dari KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, dan KSM Provinsi untuk menjaring siswa terbaik per bidang studi KSM yang akan mendapatkan Medali Emas, Medali Perak, atau Medali Perunggu dan penghargaan lainnya.

Sebagai dasar pemahaman materi yang akan di ujikan berikut ini kisi-kisi KSM 2019/daftar materi untuk MI MTs MA, silahkan download dibawah ini.
Download Kisi-Kisi KSM 2019 MI MTs MA
Baca Juga : Cara Daftar Online Peserta KSM Tahun 2019

Demikian tadi kisi-kisi KSM 2019 yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.pelitaguru.id/