9 Manfaat Renang Untuk Tubuh

.

9 Manfaat Renang Untuk Tubuh |Kumpulan-olahraga| Renang merupakan Olahraga Air memiliki Manfaat-manfaat yang luar biasa, Olahraga Renang ini memiliki gerakan yang sangat kompleks karena hampir seluruh anggota tubuh ikut bekerja ketika kita melakukan olahraga renang ini, hal ini menyebabkan Olahraga renang ini menjadi salah satu olahraga Air (Aquatik) yang sangat banyak peminatnya.

Pada saat ini Olahraga Renang ini banyak sekali diminati oleh seluruh masyarakat karena manfaat-manfaat dari olahraga tersebut, saat ini olahraga renang tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa akan tetapi banyak juga dilakukan oleh anak-anak usia dini bahkan sekarang ini banyak dibuka kelas renang untuk balita, karena renang ini dapat merangsang pertumbuhan dan juga merangsang pertumbuhan motorik anak. akan tetapi disamping melakukan renang ini harus di dukung dengan makanan yang bergizi (4 sehat, 5 Sempurna). 

Pada Kesempatan kali ini akan sedikit membahas tentang 9 Manfaat renang Untuk Tubuh, untuk lebih jelasnya dapat sobat baca dibawah ini.

9 Manfaat Renang Untuk Tubuh


Seperti pemaparan diatas bahwa Olahraga Renang memiliki beberapa manfaat bagi perkembangan dan juga kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaat Renang Untuk Perkembangan Tubuh adalah sebagai berikut :



 Renang merupakan Olahraga Air memiliki  9 Manfaat Renang Untuk Tubuh



1. Memperkuat dan Melatih Pernafasan 

Berenang merupakan olahraga yang dilakukan di dalam air, hal ini memungkinkan perenang untuk menahan dan juga memanage nafas agar tidak cepat mengalami kelelahan sewaktu berenang, dengan begitu dengan sendirinya Sistem pernafasan akan terlatih menjadi panjang dan kuat untuk menahan nafas di dalam air, dengan berenang ini dapat memacu kerja seluruh bagian otot dan memacu aliran darah ke pembuluh darah, jantung dan paru-paru menjadi lebih lancar. Sehinnga banyak yang mengatakan renang ini lebih banyak manfaatnya dari Olahraga Senam Aerobik

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Olahraga renang ini memiliki gerakan yang kompleks, sehingga hampir seluruh otot melakukan gerakan yang dapat melatih dan menguatkan otot tersebut, hal ini akan menjadikan otot-otot yang ada di tubuh kita terlatih dan dapat berkembang menjadi kuat.

3. Mempercepat Pertumbuhan Badan

Menurut penelitian para ahli Olahraga renang ini, memiliki manfaat untuk mempercepat proses pertumbuhan tubuh jika dibandingkan dengan olahraga lain Olahraga renang ini sangatlah efektif untuk mempercepat pertumbuhan tubuh. hal ini telah dilakukan penelitian dan menjadikan Olahraga renang ini sebagai olahraga yang dapat memacu pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi disamping melakukan olahraga renang ini harus juga di tunjang dengan makanan yang bergizi baik.
.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga renang ini memiliki gerakan yang kompleks sehingga peredaran darah menjadi lancar dan hal ini dapat memacu dan melatih kerja jantung, sehingga apabila kita sering melakukan Olahraga renang ini Jantung kita akan terlatih dan akan menjadi kuat dan sehat.

5. Membentuk Tubuh

Selain melakukan Fitnes Olahraga Renang ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam membentuk tubuh, dengan berkembangnya kekuatan Otot maka dengan sendirinya volume dan massa otot pun akan bertambah sehingga sobat akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

6. Mengurangi Stres

Renang merupakan olahraga yang dilakukan di dalam air, sehinnga dengan melakukan aktivitas di dalam air hal ini dapat meningkatkan Hormon Endorfin dalam otak sehingga suasana hati akan menjadi tenang dan nyaman sehingga dapat menjadikan kita rileks dan akan menurunkan tingkat stres.

7. Meningkatkan Kebugaran Tubuh.

Dengan melakukan renang minimal selama 20 menit maka akan memberikan kebugaran untuk tubuh sobat, karena dengan malakukan renang selama min 20 menit dengan gerakan yang konstan dan teknik yang sama maka akan membantu kebugaran tubuh dan juga merangsang metabolisme tubuh dan mambakar lemak di dalam tubuh.

8. Sebagai Terapi Ketika Cedera

Untuk atlet yang sedang dalam pemulihan pasca cedera olahraga renang dapat dijadikan sebagai terapi alternatif, karena dengan gerakan renang ini dapat mengembalikan urat dan otot yang mengalami dislokasi, akan tetapi harus dilakukan dengan seizin dan pengawasan dari terapist (ahli) 

9. Meningkatkan Mood (Relaksasi)

Berenang merupakan salahsatu olahraga yang dapat meningkatkan mood, karena olahraga renang merupakan olahraga yang sangat menyenangkan, sebagian orang menjadikan senang sebagai sarana rekreasi, sehinnga tidak heran sekarang banyak sekali di buka water boom-waterboom yang dapat di jadikan sebagai sarana hiburan bagi sobat sekalian.

Demikian lah 9 Manfaat renang Untuk Tubuh semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat sekalian, terimakasih atas Kunjungan sobat sekalian.

Artikel Terkait renang :



  


Sumber http://kumpulan-olahraga.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar