Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Wifi Mercusys MW305R Sebagai AP Router

 pernah membuat sebuah artikel tutorial yakni Cara Setting Wifi Mercusys MW305R Sebagai AP Router
Cara Setting Wifi Mercusys MW305R Sebagai AP Router - Beberapa waktu lalu IndoINT.com pernah membuat sebuah artikel tutorial yakni Cara Setting Wifi Mercusys MW305R.

Masih menggunakan alat yang sama, IndoINT.com pada artikel ini akan berbagi tutorial (how to) Cara Setting Wifi Mercusys MW305R Sebagai AP Router. Perbedaan antara dua artikel tutorial ini adalah dimana pada artikel sebelumnya, Mercusys MW305R difungsikan sebagai Akses Poin saja dan artikel ini Wifi Mercusys MW305R difungsikan sebagai Akses Poin Router.

Baca tutorial sebelumnya : Cara Setting Wifi Mercusys MW305R

Adapun tujuan pemanfaatan Wifi Mercusys MW305R ini sebagai Akses Poin Router adalah untuk membagi jaringan ke network yang berbeda dikarenakan terbatasnya IP Address yang akan digunakan.

Contohnya : IP Address dari internet hanya diberi 1, namun pengguna untuk smartphone dan laptop lebih dari 1. Oleh karena itu solusinya adalah Wifi Mercusys MW305R difungsikan sebagai Akses Poin Router.

Tutorial Cara Setting Wifi Mercusys MW305R Sebagai AP Router

1. Nyalakan akses poin Mercusys MW305R kemudian pasang kabel jaringan Internet ke posisi WAN biasanya port tersebut menggunakan warna yang berbeda. Untuk Mercusys MW305R ditandai dengan warna kuning. Perhatikan gambar berikut ini :

2. Sambungkan wifi anda ke akses poin Mercusys MW305R

3. Lakukan login ke panel Mercusys MW305R

4. Setelah Login akan tampil sebagai berikut :
Pilih menu Advanced

5. Pilih Menu WAN Settings pada Network. Kemudian isi data IP Address koneksi Internet. Dalam contoh ini koneksi internet menggunakan IP : 192.168.2.3, netmask : 255.255.255.0 dan gateway : 192.168.2.1



6. Masih di Network, pilih menu LAN Settings dan atur IP Address dari Mercusys. Dalam contoh ini IP Address Mercusys diubah menjadi 192.168.3.1

7. Masih di Network, pilih menu DHCP Server. Pastikan DHCP Server = ON. Kemudian atur range ip address yang akan diterima oleh klien. Klik Save.

8. Koneksikan klien ke sinyal yang dipancarkan oleh Mercusys MW305R. Jika tidak ada kesalahan harusnya IP Address yang diterima klien adalah 192168.3.xx

Baca juga tutorial untuk wifi lainnya : Cara Setting Wifi Tenda O3

Demikianlah artikel Cara Setting Wifi Mercusys MW305R Sebagai AP Router. Semoga bermanfaat dan salam TIK.
Sumber https://www.duniatik.com/Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Wifi Mercusys MW305R Sebagai AP Router"