Johann Josef Loschmidt - Yang Pertama Memperkirakan Ukuran Molekul yang Membentuk Udara



 Yang Pertama Memperkirakan Ukuran Molekul yang Membentuk Udara Johann Josef Loschmidt  - Yang Pertama Memperkirakan Ukuran Molekul yang Membentuk Udara
Johann Josef Loschmidt
Lahir: 15 Maret 1821 Putschirn, Austria Empire (sekarang Počerny, Karlovy Vary, Republik Ceko)

Meninggal: 8 Juli 1895 (umur 74) Wina, Austria-Hungaria

Kebangsaan: Austria

Bidang: kimia, fisika

Pembimbing doktora: Joseph Stefan

Dikenal sebagai: Konstan Loschmidt, Paradoks Loschmidt dunia
Jan atau Johann Josef Loschmidt, atau yang lebih dikenal sebagai Josef Loschmidt (menghilangkan nama depannya), adalah ilmuwan penting Austria dalam bidang kimia, fisika (termodinamika, optik, elektrodinamika), dan bentuk kristal.

Loschmidt lahir pada 15 Maret 1821 di Carlsbad, sebuah kota yang terletak di Kekaisaran Austria (sekarang Karlovy Vary, Republik Ceko), Loschmidt menjadi profesor kimia fisik di Universitas Wina pada 1868.

Dia memiliki dua mentor awal. Yang pertama adalah, Adalbert Republik yang membujuk orang tua Loschmidt untuk mengirim Josef muda untuk bersekolah tinggi di biara Piarist di Schlackenwerth dan pada tahun 1837 untuk kelas sekolah lanjutan atas di Praha .

Ia mengikuti dua tahun filsafat dan matematika di Praha Universitas Charles, di mana Loschmidt bertemu mentor penting kedua yakni profesor filsafat Franz S. Exner. Exner dikenal karena reformasi sekolah inovatif, yang termasuk mempromosikan matematika dan ilmu pengetahuan sebagai subyek penting. Dia menginginkan agar Loschmidt menjadi teman dekat, bahwa ia menerapkan matematika untuk fenomena psikologis.

Pada tahun 1861 bukunya, Chemische Studien ("studi kimia"), mengusulkan representasi dua dimensi untuk lebih dari 300 molekul dalam gaya yang sangat mirip dengan yang digunakan oleh ahli kimia modern. Di antaranya adalah molekul aromatik seperti benzena (C 6 H 6), dan triazines. Loschmidt melambangkan inti benzena oleh lingkaran besar, yang katanya untuk menunjukkan struktur belum ditentukan-senyawa. Beberapa berpendapat, bagaimanapun, bahwa ia bermaksud ini sebagai saran struktur siklis, empat tahun sebelum itu dari Kekulé , yang lebih dikenal dan umumnya dikreditkan dengan penemuan struktur siklik benzena.

Pada tahun 1865, Loschmidt adalah yang pertama untuk memperkirakan ukuran molekul yang membentuk udara: hasil nya hanya dua kali ukuran sebenarnya, suatu prestasi yang luar biasa. Metodenya memungkinkan ukuran setiap molekul gas berhubungan dengan fenomena yang terukur, dan karenanya untuk menentukan berapa banyak molekul yang hadir dalam volume gas tertentu. Kuantitas yang terakhir ini sekarang dikenal sebagai Loschmidt konstan untuk menghormatinya, dan nilai modern 2.69 x 10 19 molekul per sentimeter kubik pada suhu dan tekanan standar (STP).

Loschmidt dan rekannya Ludwig Boltzmann menjadi teman baik. Kritiknya dari upaya Boltzmann untuk menurunkan hukum kedua termodinamika dari teori kinetik menjadi terkenal sebagai " reversibilitas paradoks ". Ini menyebabkan Boltzmann untuk konsep statistik tentang entropi sebagai penghitungan logaritma dari jumlah negara mikroskopis sesuai dengan yang diberikan negara termodinamika.

Loschmidt pensiun dari universitas pada tahun 1891 dan meninggal pada tahun 1895 di Wina.


Konstanta Loschmidt

Konstanta Avogadro dinamakan menurut seorang ilmuwan Italia dari awal abad ke-19, Amedeo Avogadro, yang pada tahun 1811 pertama kalinya mengemukakan bahwa volume suatu gas (pada tekanan dan suhu tertentu) berbanding lurus dengan jumlah atom atau molekul tanpa tergantung dari jenis gas. Fisikawan Perancis, Jean Perrin, pada tahun 1909 mengusulkan penamaan konstanta ini untuk menghormati Avogadro. Perrin mendapat penghargaan Nobel Prize in Physics tahun 1926, terutama karena karyanya dalam menentukan bilangan Avogadro dengan beberapa metoda.

Nilai bilangan Avogadro ini pertama kali diperkirakan oleh Johann Josef Loschmidt, yang pada 1865 menghitung diameter rata-rata molekul di udara dengan metoda yang sama dengan menghitung jumlah partikel di dalam volume gas tertentu dalam keadaan standar. Nilai ini, densitas jumlah  Yang Pertama Memperkirakan Ukuran Molekul yang Membentuk Udara Johann Josef Loschmidt  - Yang Pertama Memperkirakan Ukuran Molekul yang Membentuk UdaraAvogadro, NA, melalui persamaan:

 Yang Pertama Memperkirakan Ukuran Molekul yang Membentuk Udara Johann Josef Loschmidt  - Yang Pertama Memperkirakan Ukuran Molekul yang Membentuk Udara

di mana p0 adalah tekanan, R adalah konstanta gas dan T0 adalah suhu mutlak. Hubungan dengan Loschmidt adalah akar dari lambang L yang kadang digunakan untuk bilangan Avogadro constant, dan kepustakaan bahasa Jerman dapat merujuk kedua konstanta ini dengan nama yang sama, dibedakan hanya dari satuan ukurannya.

Sumber:
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Johann_Josef_Loschmidt
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Bilangan_Avogadro

Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/br/>
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar