Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pengolahan limbah cair primer



Pengertian Pengolahan limbah cair primerPengolahan limbah cair primer adalah/ Pengolahan limbah cair primer yaitu/ Pengolahan limbah cair primer merupakan/ yang dimaksud Pengolahan limbah cair primer/ arti Pengolahan limbah cair primer/ definisi Pengolahan limbah cair primer.
Pengertian Pengolahan limbah cair primer Pengertian Pengolahan limbah cair primer

Pengolahan limbah cair primer adalah cara pengolahan limbah cair yang dilakukan secara fisika. Tahap proses pengolahan air limbah dalam pengolahan primer adalah sebagai berikut.
- Limbah yang mengalir melalui saluran pembuangan disaring menggunakan jeruji baring (bar screen). Metode ini disebut penyaringan (screening). Metode penyaringan merupakan cara efisien dan murah untuk menyisihkan bahan-bahan padat berukuran besar dari air limbah.
- Limbah yang telah disaring kemudian disalurkan ke suatu tangki atau bak yang berfungsi untuk memisahkan pasir dan partikel padat tersuspensi lain yang berukuran relatif besar. Tangki ini dalam bahasa Inggris disebut grit chamber dan cara kerjanya adalah dengan memperlambat aliran limbah sehingga partikel-partikel pasir jauh ke dasar tangki sementara air limbah terus dialiri untuk prose selanjutnya. Kedua proses yang dijelaskan di atas disebut juga sebagai tahap pengolahan awal (pretreatment).
- Limbah cair akan dialirkan ke tangki atau bak pengendapan. Metode pengendapan adalah metode pengolahan utama dan yang paling banyak digunakan pada proses pengolahan primer limbah cair. Di tangki pengendapan, limbah cair didiamkan agar partikel-partikel padat yang tersuspensi dalam air limbah dapat mengendap ke dasar tangki. Endapan partilkel tersebut akan membentuk lumpur yang kemudian akan dipisahkan dari air limbah ke saluran lain untuk diolah lebih lanjut.
Apabila limbah cair yang diolah tersebut hanya mengandung polutan yang telah disingkirkan melalui proses pengolahan primer, maka limbah yang tersebut dapat dibuang langsung ke lingkungan (perairan). Namun, apabila limbah tersebut mengandung polutan lain yang sulit dihilangkan melalui proses di atas, maka limbah tersebut perlu silarutkan ke proses pengolahan selanjutnya.
Itulah penjelasan yang bisa saya bagikan tentang apa yang dimaksud pengolahan limbah cair secara primer, semoga bermanfaat.

Sumber https://www.temukanpengertian.com/br/>
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Pengertian Pengolahan limbah cair primer"