Perbedaan Summer Solstice, Autumnal Equinox, Winter Solstice dan Vernal Equinox

Kalian tentu tahu bahwa setiap enam bulan sekali Indonesia mengalami pergantian musim dari kemarau ke penghujan dan sebaliknya. Apalagi di negara-negara subtropis, perubahan musim sangat jelas dengan adanya 4 kali pergantian musim yaitu semi, panas, gugur, dingin. Lalu mengapa bisa ada pergantian musim seperti itu?. Musim di bumi tercipta karena Bumi memiliki sumbu kemiringan saat rotasi yaitu 23,5 derajat. Jadi ada daerah yang relatif hangat sepanjang tahun di bagian tropis dan ada yang terbagi menjadi 4 musim. Titik awal pergantian musim khususnya di wilayah yang memiliki 4 musim bergantung pada posisi titik jatuh awal sinar matahari pada batas garis lintang tertentu yang dikenal sebagai Summer Solstice, Autumnal Equinox, Winter Solstice dan Vernal Equinox. Lihat ulasannya di bawah ini! Gambar: disini

Kalian tentu tahu bahwa setiap enam bulan sekali Indonesia mengalami pergantian musim dari Perbedaan Summer Solstice, Autumnal Equinox, Winter Solstice dan Vernal Equinox
Pergantian musim di lintang tinggi
Musim Panas /Summer
Untuk belahan bumi utara, musim panas adalah waktu terhangat dalam setahun. Ini bukan karena planet ini adalah  lebih dekat ke Matahari, tapi karena bagian Bumi utara sedang menghadap ke arah matahari. Hari-hari terpanjang dalam setahun terjadi selama bulan-bulan musim panas. Juni adalah waktu titik balik matahari musim panas (Summer Solstice), hari terpanjang dalam tahun kalender. Waktu solstice (titik balik) ditentukan oleh lokasi Matahari. Sinar matahari langsung mengarah di atas Tropic of Cancer pada hari terpanjang di belahan utara. Lantas bagaimana kondisi di belahan bumi selatan?Ini berlaku kebalikannya. Selama siang hari yang panjang di utara, Anda akan menemukan hari terpendek di selatan. Ketika ada gelombang panas di Amerika Serikat, maka pada saat bersamaan mungkin turun salju di Amerika Selatan. Peristiwa musim panas termasuk suhu tinggi, siang yang panjang, kekeringan, dan badai tropis.

Musim gugur/ Autumm
Selama musim panas, Kutub Utara condong ke arah Matahari dan Kutub Selatan menjauh dari Matahari dan menghasilkan musim dingin.. Matahari tepat jatuh langsung di atas Khatulistiwa saat Autumnal Equinox (September) dan pemanasan di belahan utara dan selatan relatif sama. Sebagai belahan bumi utara bergerak menuju hari yang lebih pendek dan mengawali musim dingin, belahan bumi selatan menonton salju mencair dan bunga-bunga mekar selama musim semi mereka. Peristiwa gugur termasuk daun jatuh dari pohon, hari lebih pendek dari musim panas, dan panen tanaman musim panas.

Musim dingin
Musim dingin terjadi saat sinar matahari berada di titik Winter Solstice baik itu di utara dan selatan. Musim dingin akan menghasilkan salju di Amerika Utara dan kebakaran di musim panas dan kekeringan di pedalaman Australia. Pada bulan Desember, Bumi berada di Winter Solstice di belahan utara. Hari terpendek dala setahun (untuk utara) terjadi ketika matahari berada langsung di atas Tropic of Capricorn padasaat bersamaan. Dari titik itu, segala sesuatu mulai berubah lagi. Peristiwa musim dingin meliputi dingin suhu, salju dan musim dingin badai, hari-hari terpendek tahun, dan hibernasi dari beberapa hewan.

Musim semi
Ahh musim paling hangat. Musim semi adalah waktu untuk kelahiran kembali dan muncul dari hari pendek dan musim dingin. Sementara belahan bumi utara melihat musim semi dari Maret sampai Juni, maka sebaliknya, musim gugur terjadi di belahan bumi selatan. Maret adalah waktu vernal equinox yang menunjukkan awal resmi musim semi. Namun pada kenyataannya, tanaman dan hewan mulai bersemi dan beraktifitas setelah cuaca mulai hangat. Bagi mereka ini bukan tentang kalender, ini tentang perubahan cuaca. Matahari sedang berada di atas Khatulistiwa saat ini dan belahan utara dan selatan menerima sekitar jumlah yang sama dari energi matahari. Peristiwa pada musim semi termasuk mekarnya bunga-bunga liar, daun baru di pohon-pohon, hari yang hagnat, dan cuaca basah (tidak salju). Untuk lebih jelasnya tentang mekanisme musim silahkan lihat animasi di link berikut: Mekanisme Pergantian Musim.

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Posting Komentar