Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah


Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah - Banyaknya pekerjaan operator sekolah hanya operator sekolah yang tahu, susahnya mempelajari sistem dapodikdas dan perubahan menu di website Login Padamu Negeri tidak ada yang peduli, jika ada data yang salah di marah-marahi, bila cair tunjangan PTK operator tak dipuji seolah-olah tidak ada peranan operator sekolah, bila membahas honor gaji operator sekolah selalu di kabur-kaburi.
Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah

Kerja keras operator sekolah layaknya pekerjaan operator statistik nasional yang selalau menghimpun dan mengupdate data sekolahnya dari kerusakan ubin sekolah sampai keadaan atap sekolah tidak ada yang terlewatkan, kelainan jiwa siswapun dia harus tau padahal dio bukan psikolog atau orang medis, begitu detail pekerjaan operator sekolah. namun apakah honornya sepadan?

Kalau memang nyesek  jadi operator sekolah, kenapa tidak berhenti saja ? apalah daya banyak operator yang sekolah yang telah berhenti namun banyak juga yang mau berhenti tapi tidak ada gantinya. Kedua di desak kepala sekolah untuk terus jadi operator sekolah, dari pada kepala sekolah tersinggung dan marah, yah jalani saja. Jika ditanya operator sekolah mengerjakan input data atau pekerjaan lain yang bersangkutan dengan operator sekolah pernah sakit ?, saya meyakini sebagian besar ya.

Kita kembali ke topiknya, ada beberapa tips dan trik jitu untuk menjadi operator cerdas dan tangkas dalam mengerjakan input data secara teknis dan secara non teknis, kita mulai secara teknis :

Tips dan Trik Teknis dan Non Teknsi Operator Sekolah


Tips dan Trik secara teknis :


1. Setiap hasil dari input data terkadang kita disuruh membuat surat ajuan untuk verifikasi, maka sebaiknya setiap ajuan jangan di cetak langsung namun di simpan sebagai pdf, baru di cetak. bentuk pdf sangat berguna jika hasil cetak hilang/rusak bisa di cetak ulang dengan mudah. Cara menyimpan ajuan berformat pdf bisa dilihat di  [Cara Mudah Print atau Simpan Lembar Info PTK].

2. Mempunyai software pengecil ukuran atau berat gambar / image, berguna pada saat upload hasil scan dokumen atau foto di Padamu Negeri. untuk mendapatkannya silahkan reguest/minta seperti di postingan [Langkah-Langkah Verval NRG Guru Sertifikasi].

3. Gunakan selalu browser google chrome sebagai default browser untuk membuka webiste padamu negeri dan dapodikdas. Google Chrome adalah browser yang cocok karena Google Chrome sudah include atau sudah terintegrasi Java dan Flash Player terbaru karena google chrome bisa update otomatis. Untuk mendapatkan google chrome terbaru bisa klik tauatan "download Google Chrome"

4. Gunakan Snipping Tool, aplikasi bawaan windows 7 dan 8. Berguna untuk mengingat sementara apa pemberitahuan di monitor dan screenshot. contohnya pada saat memperbaiki daftar erorr yang ada pada saat validasi di aplikasi dapodikdas, sehingga anda tidak perlu validasi terus untuk melihat item yang harus di per baiki, cara membuka snipping tool, masukkan kata pencarian "snip" tanpa tanda petik di pencarian windows.
Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah
Cara buka snpping tool di windows 8

Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah

5. Selalu manfaatkan tombol "refresh" dan "kotak pencarian" agar data bisa tampil dengan baik dan pencarian menjadi mudah. jika aplikasi dapodikdas ngadat bisa refresh dengan klik ctrl + F5. Tanda + artinya bersamaan.
Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah
Contoh kotak pencarian di dapodikdas

Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah
contoh icon refresh dapodikdas
6. Manfaat tombol Ctrl + f untuk mencari atau menghitung pada layar monitor aplikasi dapodik dan padamu negeri. Contoh pencarian menggunakan ctrl + f di dapodikdas dan padamu negeri
Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah Tips dan Trik Jitu Untuk Operator SekolahTips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah

klik pada gambar untuk memperbesar

7. Gunakan antivirus gratis atau berbayar terbaik (rekomen Eset Nod 32) dan ccleaner agar PC/Notebook anda tidak mengalami erorr, crash, korup dll. perlu di catat. Pertama  jangan lupa di update data best dan aplikasinya. Kedua selalau scan flashdisk yang di curigai bervirus sebelum flash disk dibuka di PC/NB-nya dan scan full PC secara berkala (normalnya sebulan sekali) namun jika terindikasi ada virus ya scan langsung.

8. Baca Panduan Lengkap segala tentang intruksi di padamu negeri terbaru dapat anda dapatkan di "Download Panduan Siap Padamu Negeri Terlengkap Versi Terbaru 17 Maret 2015"

9. Agar penggunaan data internet lebih tepat, belilah paket internet yang full 3g atau 4g bukan kombinasi antara 2g,3g4g. agar kecepatan internet optimal dan quoto lebih besar contoh membeli paket internet 3g di kartu simpati (akses dengan *999*333#).

10. Agar menstabilkan jaringan buka lah ping cmd dengan menekan bendera windows + r, lalu ketikkan ping google.com -t lalu enter/klik ok
Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah

11. Gunakan pengaya (addons) Multi Login Google Chrome untuk login sampai puluhan akun secara bersamaan, jadi kita tidak perlu logout untuk mengganti akun login PTK, semua guru bisa login bersamaan di satu saat dan browser google chrome. (juga bisa untuk fb, twitter, dll). pasangkan klik Multi login
Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah

Tips dan Trik Non Teknis :


1. Buat Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah sebagai Operator Sekolah Dapodikdas dan Padamu Negeri secara terpisah, berguna sebagai dasar hukum anda bekerja, sebab data yang anda kelola berdampak kepada uang negara. Contoh SK yang bagus (masih bisa di adaptasikan) dapat anda dowload disini

2. Selalu berkoordinasi dan meminta persetujuan Kepala Sekolah atau PTK bersangkutan dalam penyelesaian input data.

3. Buatlah catatan kecil di komputer anda skala prioritas input data yang harus anda kerjakan terlebih dahulu

4. Jangan ragu-ragu bertanya di media sosial, blog, forum atau website resmi dapodikdas dan padamu negeri via chat, telp, sms, dan email. jika menemui kendala.

5. Kunjungi selalau website pemberi tutorial untuk OPS, serpeti IndoINT.com dan lainnya.

6. Buatlah forum atau organisasi di wilayah anda sebagai wadah berdiskusi dan berbagi, jika organisasi program jangka menengah/panjang, berkomunikasi dan bersilahturahmilah sesama operator sekolah yang dekat dengan lingkungan anda.

Demikianlah Tips dan Trik Jitu untuk operator sekolah pada kesempatan kali ini. Tips dan Trik ini bisa saja kami tambahkan terus, jadi simpan dan kunjungi selalau halaman ini. Terima kasih telah berkunjung. Jika ada tambahan tips silahkan di komentari


Sumber https://www.infoptk.com/

Posting Komentar untuk "Tips dan Trik Jitu Untuk Operator Sekolah"